Alat Pencernaan Manusia dan Bagiannya

Manusia merupakan makhluk hidup yang salah satu ciri-cirinya yaitu membutuhkan makanan. Makanan yang dimakan akan masuk ke dalam tubuh kemudian diubah, dicerna, dan di serap zat gizinya sehingga menghasilkan energi yang berguna untuk tubuh. Proses tersebut melibatkan berbagai organ-organ tubuh yang saling berkaitan sebagai alat pencernaan manusia.

Sistem pencernaan adalah proses mengubah makanan menjadi lebih lembut, menyerap nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam makanan yang dibutuhkan oleh tubuh, dan mengeluarkan sisa pencernaan makanan. Proses tersebut dibantu oleh enzim-enzim yang memiliki fungsi masing-masing dalam sistem pencernaan. Sistem pencernaan memiliki peran yang cukup penting agar nutrisi dalam makanan dapat diserap dengan baik oleh tubuh manusia.

Bagian-bagian Alat Pencernaan Manusia

Organ-organ penyusun sistem pencernaan manusia sesuai urutannya yaitu dimulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, dan anus.

1. Mulut

Proses pencernaan pada manusia dimulai dari mulut. Makanan yang dimakan pertama kali masuk tubuh melalui mulut. Di dalam mulut terdapat organ tambahan yang membantu proses pencernaan, yaitu lidah, gigi, dan kelenjar ludah.

Lidah berfungsi untuk mengecap makanan dan membantu menelan makanan. Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan menjadi lebih halus dan mudah dicerna. Kelenjar ludah dapat memproduksi air liur yang mengandung enzim ptialin untuk mengubah zat tepung menjadi gula. Selain itu kelenjar ludah juga berfungsi sebagai pelindung rongga mulut.

2. Kerongkongan

Proses pencernaan makanan setelah di dalam mulut akan diteruskan melalui kerongkongan. Kerongkongan bersebelahan dengan tenggorokan. Kerongkongan adalah saluran yang menghubungkan mulut dengan lambung.

Oleh karena itu, kerongkongan berfungsi untuk menyalurkan makanan yang telah dikunyah menjadi halus dari mulut menuju lambung. Makanan dapat terdorong secara perlahan menuju lambung karena adanya gerakan peristaltik di dalam kerongkongan. Gerakan peristaltik adalah gerakan mendorong makanan menuju lambung.

3. Lambung

Lambung terletak pada rongga perut sebelah kiri. Makanan dari mulut akan diteruskan melalui kerongkongan dan diterima oleh lambung. Lambung berfungsi untuk menyimpan makanan sementara sebelum dilanjutkan proses pencernaan selanjutnya. Selain itu, lambung juga berfungsi dalam proses penghancuran makanan secara kimiawi (pepsin, renin, asam klorida) dan mekanis melalui gerakan meremas-remas. Lambung dapat memproduksi asam lambung/asam klorida yang berfungsi membunuh mikroorganisme berbahaya.

4. Usus halus

sumber: wikipedia.org

Setelah berada di dalam lambung, makanan akan diteruskan ke usus halus. Makanan yang telah melalui rangkaian proses sebelumnya akan masuk ke dalam usus halus dan bertemu dengan enzim-enzim yang dihasilkan oleh usus halus. Dari enzim-enzim tersebut, usus halus berfungsi mengubah zat makanan menjadi kandungan yang dibutuhkan tubuh dan menyerap nutrisi.

5.Usus besar

Sisa penyerapan makanan dari usus halus akan masuk ke dalam usus besar. Usus besar berfungsi sebagai tempat pembusukan sisa makanan oleh bakteri Escherichia coli sehingga menjadi kotoran yang akan dibuang melalui anus.

6. Anus

Anus merupakan sistem pencernaan yang terakhir. Kotoran hasil pembusukan sisa makanan yang dilakukan oleh usus besar akan keluar melalui anus. Oleh karena itu, anus berfungsi sebagai tempat keluarnya kotoran sisa pencernaan dari dalam tubuh.

Karena begitu banyaknya organ tubuh yang berperan dalam proses pencernaan ini, kita harus senantiasa menjaga organ-organ tersebut dari berbagai macam penyakit pencernaan yang mungkin timbul karena faktor eksternal maupun faktor internal dari dalam diri sendiri.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here