Bagian-Bagian Alat Pernapasan Manusia

Bernafas merupakan salah satu ciri-ciri makhluk hidup. Baik manusia, tumbuhan, maupun hewan setiap saat selalu bernafas. Bernafas adalah proses menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida yang dilakukan secara terus menerus setiap saat. Proses tersebut dilakukan dengan mengambil oksigen dari udara di lingkungan sekitar dan melepaskan karbon dioksida serta uap air dari dalam tubuh. Alat pernapasan pada manusia yaitu dengan paru-paru.

Sistem pernapasan pada manusia terdapat dua mekanisme pernapasan yaitu inspirasi dan ekspirasi. Inspirasi merupakan proses aktif pernapasan dengan memasukkan oksigen dari udara luar ke dalam paru-paru. Sedangkan ekspirasi merupakan proses pasif mengeluarkan udara dari dalam tubuh. Udara yang dikeluarkan berupa karbon dioksida dan uap air.

Bagian-bagian Alat Pernapasan Manusia

Pernapasan pada manusia dilakukan dengan menggunakan alat atau organ tubuh manusia untuk menghirup udara dan akan dialirkan ke seluruh tubuh. Organ-organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai alat pernapasan yaitu :

1. Hidung

Hidung merupakan organ pernapasan bagian luar. Udara dari luar yang masuk ke dalam tubuh pertama kali akan melalui hidung. Di dalam hidung terdapat rambut halus dan lendir yang berfungsi untuk menyaring debu dan kotoran yang masuk bersama udara ketika dihirup. Selain itu, hidung juga berfungsi untuk mengatur suhu udara pernapasan.

2. Tenggorokan

Tenggorokan merupakan bagian dari sistem pernapasan yang menghubungkan bagian hidung dengan rongga paru-paru. Udara luar yang masuk melalui hidung dapat dialirkan ke dalam paru-paru melalui tenggorokan. Tenggorokan memiliki trakea atau batang tenggorokan yang tersusun dari tulang rawan. Pada bagian dinding trakea terdapat lapisan lendir untuk menahan kotoran yang masih terbawa oleh udara dari luar agar tidak masuk ke paru-paru.

3. Bronkus

Bronkus merupakan cabang dari batang tenggorokan (trakea) yang memiliki tulang rawan dan otot halus serta terdapat cabang-cabang kecil. Terdapat dua bronkus pada sistem pernapasan yaitu bronkus kanan yang menuju paru-paru kanan dan bronkus kiri yang menuju paru-paru kiri.

Bronkus berfungsi sebagai saluran pernapasan dari trakea menuju alveolus. Selain itu, bronkus dapat menghasilkan dahak atau mukosa yang dapat mencegah debu atau partikel berbahaya masuk ke dalam paru-paru yang menyebabkan iritasi.

4. Bronkiolus

Bronkiolus adalah cabang-cabang kecil dari bronkus. Bronkiolus memiliki saluran yang kecil dan tipis serta dinding yang halus. Bronkiolus berfungsi untuk menyalurkan udara yang mengandung oksigen dari bronkus ke alveolus.

5. Alveolus

Alveolus merupakan saluran terakhir dari sistem pernapasan manusia. Alveolus berada di ujung bronkiolus yang berupa gelembung-gelembung udara. Alveolus berfungsi sebagai tempat pertukaran oksigen dari udara luar ke sel-sel darah tubuh dan karbon dioksida dari sel-sel darah dalam tubuh keluar menuju ruang terbuka.

Alat pernapasan manusia meliputi berbagai organ tubuh, salah satunya yaitu paru-paru. Kesehatan paru-paru harus selalu dijaga dari penyakit dan gangguan-gangguan pada sistem pernapasan agar dapat berfungsi dengan baik. Jika alat pernapasan berfungsi dengan baik, sistem pernapasan juga akan berjalan dengan baik tanpa gangguan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here