Bagian-Bagian Jantung Manusia dan Fungsinya

Jantung merupakan organ tubuh yang sangat penting sehingga harus dijaga agar kesehatan tubuh juga terjaga dengan baik. Jantung terletak di dalam rongga dada sebelah kiri yang tersusun dari kumpulan otot-otot yang tebal dan kuat. Bagian-bagian jantung manusia terbagi menjadi empat, yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan bilik kiri. Setiap bagian memiliki fungsi yang berbeda-beda.

Jantung memiliki fungsi utama yaitu untuk memompa darah ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah. Selain itu, jantung juga berfungsi memasok oksigen dan mengalirkan nutrisi hasil pencernaan ke seluruh tubuh serta membuang racun dan kotoran di dalam tubuh. Jantung bekerja secara terus menerus tanpa henti untuk memompa darah agar terus mengalir.

Bagian-Bagian Jantung Manusia

Jantung terbagi menjadi empat bagian, yaitu serambi kiri, bilik kiri, serambi kanan, bilik kanan. Selain itu, terdapat pembuluh darah sebagai saluran untuk membawa darah ke seluruh tubuh atau sebaliknya yang terdiri dari pembuluh nadi dan pembuluh balik.

Sumber: www.honestdocs.id/fungsi-pembuluh-darah-arteri-dan-vena

1. Serambi kiri (atrium kiri)

Serambi kiri berfungsi menerima darah bersih dari paru-paru melalui pembuluh balik. Darah bersih merupakan darah yang kaya akan kandungan oksigen. Selanjutnya, darah tersebut akan dialirkan ke bilik kiri.

2. Bilik kiri (ventrikel kiri)

Bilik kiri terletak di bawah serambi kiri dan dipisahkan oleh katup mitral. Bilik kiri berfungsi untuk memompa darah bersih yang telah dialirkan oleh serambi kiri ke seluruh tubuh.

3. Serambi kanan (atrium kanan)

Serambi kanan berfungsi untuk menerima darah yang kaya akan karbon dioksida dan kadar oksigen yang rendah. Darah tersebut kemudian dialirkan ke bilik kanan.

4. Bilik kanan (ventrikel kanan)

Bilik kanan terletak di bawah serambi kanan. Bilik kanan berfungsi memompa darah kotor atau darah yang banyak mengandung karbon dioksida menuju paru-paru. Hal tersebut dilakukan untuk melakukan pertukaran karbon dioksida dengan oksigen melalui proses pernapasan.

Pembuluh Darah

Berdasarkan arah peredaran darahnya, pembuluh darah dibedakan menjadi 2 yaitu

1. Pembuluh nadi (arteri)

Pembuluh nadi terletak di bagian dalam tubuh dengan dinding yang tebal dan elastis. Pembuluh nadi atau arteri berfungsi membawa darah yang mengandung oksigen keluar dari jantung menuju bagian tubuh lainnya.

2. Pembuluh balik (vena)

Berbeda dengan pembuluh nadi, pembuluh balik terletak di dekat permukaan kulit serta berdinding tipis dan kurang elastis. Pembuluh balik berfungsi membawa darah yang kaya akan kandungan karbon dioksida dari seluruh tubuh menuju jantung.

Penyakit dan Gangguan Jantung

Beberapa faktor dari luar maupun dalam tubuh manusia dapat menyebabkan berbagai gangguan pada jantung sehingga jantung tidak dapat bekerja dengan baik dan muncul berbagai penyakit, diantaranya :

Hipertensi

Hipertensi sering disebut dengan tekanan darah tinggi. Penyakit tersebut terjadi karena adanya gangguan tekanan darah yang ditandai dengan tingginya tekanan darah yang disebabkan penyempitan pembuluh darah.

Penyakit jantung koroner

Penyakit jantung koroner terjadi akibat menumpuknya lemak sehingga pembuluh darah tersumbat. Hal tersebut menyebabkan pembuluh darah menyempit dan berkurangnya aliran darah ke jantung.

Stroke

Stroke disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di otak sehingga otak tidak memperoleh asupan oksigen dan nutrisi. Hal tersebut menyebabkan fungsi sistem saraf terganggu dan terjadi kelumpuhan pada salah satu bagian tubuh.

Jantung memiliki beberapa bagian yang setiap bagiannya memiliki fungsi penting dalam sistem peredaran darah manusia. Sehingga kesehatan jantung harus dijaga agar tidak terjadi gangguan dan penyakit berbahaya pada tubuh manusia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here