Benda Langit selain Planet dan Contohnya

benda-benda langit

Di alam semesta ini terdapat berbagai jenis benda langit yang tersusun dalam sistem tata surya. Benda langit tersebut merupakan benda-benda yang berada di luar angkasa, salah satunya yaitu planet. Dalam sistem tata surya, planet akan bergerak mengelilingi matahari sesuai dengan lintasannya masing-masing. Namun terdapat juga benda langit selain planet, yaitu komet, meteoroid, meteor, asteroid, dan satelit yang memiliki garis edar yang berbeda-beda.

Macam-Macam Benda Langit selain Planet

Benda-benda langit tersusun dari beberapa planet dan juga benda langit lainnya, yaitu komet, meteoroid, meteor, meteorit, asteroid, dan satelit.

Komet

Komet merupakan benda langit yang beredar mengelilingi matahari dengan garis edar yang berbentuk sangat lonjong. Komet terbentuk dari kumpulan debu dan gas yang membeku ketika berada jauh dari matahari. Namun, ketika mendekati matahari partikel-partikel penyusunnya akan menguap dan membentuk semburan gas bercahaya yang terlihat seperti ekor. Semakin dekat komet dengan matahari, semakin panjang ekor pada komet. Oleh karena itu, komet sering disebut bintang berekor meskipun komet bukanlah bintang. Contoh komet yang pernah ditemukan yaitu Komet Halley, Komet Encke, Komet Biela, Komet Kohoutek, Komet Hyakutake.

Meteoroid

Meteoroid adalah benda langit yang berukuran kecil yang terbentuk dari batuan-batuan. Meteoroid bergerak bebas di sekitar planet-planet di angkasa dengan kecepatan tinggi serta tidak memiliki lintasan. Sehingga, meteoroid dapat mendekati planet dan bergesekan dengan atmosfer.

Meteor

Meteor merupakan meteoroid yang memasuki atmosfer dan bergesekan dengan atmosfer tersebut sehingga akan terbakar dan berpijar. Meteorid yang terbakar dan berpijar tersebut yang dinamakan Meteor. Meteor sering disebut juga dengan bintang jatuh.

Meteorit

Meteoroid yang bergesekan dengan atmosfer akan sampai ke permukaan bumi jika tidak habis terbakar. Sehingga disebut dengan meteorit.  Meteorit tersusun dari berbagai bahan logam seperti besi, nikel, tembaga, kuningan, dan lain-lain.

Asteroid

Asteroid adalah benda langit berukuran kecil yang jumlahnya sangat banyak dan mengelilingi matahari dengan lintasan tertentu. Asteroid berbentuk batuan yang tersusun atas debu dan es sehingga bersifat sangat keras dan berbahaya. Banyak terdapat asteroid di antara orbit planet Mars dan planet Yupiter sehingga disebut sebagai Sabuk Asteroid. Sabuk Asteroid juga berperan sebagai pembatas antara planet dalam dan planet luar. Beberapa contoh Asteroid yang telah ditemukan dan diberi nama, antara lain Ceres, PallasVesta, Hygiea, Interamnia.

Satelit

Satelit adalah benda langit yang berputar mengelilingi suatu planet. Satelit terbagi menjadi dua macam, yaitu satelit alami dan satelit buatan.

  1. Satelit alami. Terjadi tanpa ada bantuan manusia, namun telah dimiliki secara alami oleh sebagian besar planet dalam tata surya. Hanya planet Merkurius dan Venus yang tidak memiliki satelit. Contoh satelit alami yaitu bulan sebagai satelit Bumi, Phobos dan Deimos sebagai satelit planet Mars.
  2. Satelit buatan. Dibuat oleh manusia yang diluncurkan ke luar angkasa dengan bantuan roket untuk keperluan tertentu. Misalnya sebagai alat komunikasi, mengawasi cuaca dan iklim, serta pemotretan dari udara. Contoh satelit buatan yaitu satelit Palapa yang terdapat di Indonesia.

Terdapat berbagai jenis benda langit dengan lintasan yang berbeda-beda. Benda-benda langit tersebut bergerak mengelilingi matahari maupun mengelilingi suatu planet secara terus menerus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here