7 Macam Bisnis Mahasiswa Tanpa Modal yang Menjanjikan

bisnis mahasiswa

Kuliah sambil bekerja? Kenapa tidak! Di era digital seperti sekarang ini banyak jenis bisnis yang bisa dikerjakan oleh siapa saja, termasuk mahasiswa. Namun bagi Anda yang masih berstatus mahasiswa yang tidak memiliki cukup modal, berikut ini 7 bisnis mahasiswa menjanjikan yang dapat Anda pilih. Selain menjanjikan, bisnis-bisnis di bawah ini juga minim modal, bahkan ada jenis bisnis yang tidak butuh modal sama sekali.

7 Bisnis Mahasiswa Tanpa Modal yang Menjanjikan

1. Bisnis online

Saat ini banyak sekali bisnis online menjanjikan yang bermunculan. Hal ini merupakan hasil dari perkembangan teknologi yang sangat pesat. Berikut ini beberapa jenis bisnis online mahasiswa yang menjanjikan dan tidak butuh modal yang banyak;

  • Dropshipper

Singkatnya, dropshipper adalah seorang perantara yang memiliki tugas dalam menghubungkan pemilik barang dan pembeli. Menjadi dropshipper sangat mudah dan tidak membutuhkan modal. Meskipun demikian Anda perlu mengetahui tips menjadi dropshipper yang sukses, yaitu mencari produk tipe kebutuhan dan mencari supplier tangan pertama yang professional. Anda cukup mengandalkan kedua point tersebut, kemudian memasarkannya secara online. Anda tidak perlu menyetok barang, sehingga tidak akan menanggung rugi apapun.

  • Youtube Publisher

Orang lebih tertarik dengan visual, itu adalah fakta. Itulah mengapa menjadi youtube publisher menjadi salah satu bisnis mahasiswa yang paling menggiurkan. Hanya bermodalkan daya kreativitas dengan menciptakan content video yang menarik dan bermanfaat, Anda bisa mendapatkan pundi-pundi rupiah. Bayangkan saja, jika subscriber sudah mencapai 600.000, setiap bulan Anda dapat menghasilkan sekitar 20 hingga 30 juta rupiah. Menggiurkan sekali, bukan?

  • Buzzers

Tugas buzzers hanyalah membagikan posting-an atau hal-hal menarik lainnya dengan tujuan untuk mendapatkan insentif. Semakin Anda aktif membagikan postingan, maka akan semakin besar insentif yang akan Anda dapatkan. Jadi, agar mendapatkan pundi-pundi rupiah yang banyak, Anda perlu aktif dan menekuni salah satu bisnis mahasiswa ini.

  • Paid Survey

Mengikuti paid survey atau survey berbayar bisa menjadi pilihan terbaik bagi mahasiswa yang ingin memiliki pendapatan namun tanpa mengeluarkan modal. Bisnis atau pekerjaan ini pun mudah dijalankan. Anda cukup mengikuti survey-survey yang banyak ditawarkan oleh lembaga survey online. Kegiatan yang dapat mendapatkan pendapatan ini tidak memerlukan banyak waktu, cukup 10 hingga 30 menit saja. Selain dalam bentuk uang, ada beberapa lembaga survey yang menawarkan penghasilan dalam bentuk barang.

  • Penulis artikel

Bagi Anda yang suka menulis, menjadi penulis artikel online sangat menjanjikan. Terlebih lagi saat ini banyak sekali bermunculan web-web yang membutuhkan konten atau isi. Anda dapat menggunakan kesempatan emas ini dengan sebaik-baiknya. Atau jika Anda ingin mengepakkan sayap, Anda dapat membuka jasa penulisan artikel dan merekrut orang lain yang bisa menulis artikel, terutama SEO.

Baca juga: Investasi Saham untuk Masa Depan

2. Bisnis Offline

Berikut ini beberapa bisnis mahasiswa offline yang menjanjikan dan tidak memerlukan banyak modal;

  • Les-lesan

Apapun jurusan kuliah yang sedang Anda tempuh, Anda tetap bisa menjadi guru les. Terutama guru les untuk anak SD yang belum begitu menekankan kepada pelajaran khusus yang menjurus, sehingga Anda dapat menggelutinya. Atau jika Anda memiliki kemampuan lebih dalam hal-hal lain, seperti musik atau olah raga, Anda dapat menjadi guru les music atau olahraga. Pekerjaan ini tidak membutuhkan modal, namun banyak dicari dan hasilnya pun menjanjikan. Itulah mengapa jasa les-lesan private menjadi salah satu bisnis mahasiswa paling menggiurkan.

  • Penjual barang-barang tipe kebutuhan

Salah satu tips cerdas sukses berbisnis adalah pilihlah bisnis yang sangat dibutuhkan oleh banyak orang. Anda bisa memulainya dari meneliti ke sekitar tempat tinggal atau lingkungan kampus Anda, kira-kira jasa atau produk apa yang sangat dibutuhkan namun belum banyak yang menggelutinya. Misalnya menjual makanan, jilbab, pulsa dan paket data, atau bahkan juga dapat menjual aneka kerajinan tangan dan buket bunga khusus untuk acara-acara, seperti graduation, ulang tahun, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa macam bisnis mahasiswa yang banyak untung namun minim modal.  Setiap mahasiswa satu dan lainnya mungkin tidak akan sama dalam pemilihan jenis usaha tersebut. Hal tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, seperti kebutuhan sekitar kampus atau tempat tinggal, passion dan lainnya. Namun, apapun bisnis yang akan Anda ambil, tekunlah dan teruslah berinovasi, karena bisnis yang akan sukses pasti membutuhkan kerja yang keras dan inovasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here