8 Cara Diet Cepat dan Sehat Pada Usia Produktif

cara diet cepat dan sehat

Tidak sedikit orang ingin mempunyai badan yang ideal. Sedangkan bagi mereka dengan berat badan berlebih, menurunkan berat badan itu adalah hal yang sangat sulit, bahkan kadang sampai merasa bahwa usahanya tidak berhasil dan hanya percuma saja. Akan tetapi, sekalipun terkadang rasanya percuma, menyerah juga bukanlah jalan keluarnya. Ada banyak cara diet cepat untuk menurunkan berat badan dengan sehat bahkan yang mudah, sederhana, tanpa perlu menguras isi kantong.

Menjalani diet untuk menurunkan berat badan memang terkadang perlu dilakukan agar Anda memiliki berat badan yang sehat dan ideal. Oleh sebab itu, agar dapat memiliki berat badan yang ideal tanpa mengonsumsi obat-obatan berbahan kimia, ataupun harus menempuh jalan medis dengan pergi ke dokter dan sedot lemak, Anda dapat mencoba cara diet cepat yang sehat berikut ini.

Beberapa cara diet cepat dan sehat yang perlu Anda terapkan

1. Memperbanyak Olahraga

Melakukan olahraga secara rutin dan teratur dapat dibilang sebagai kunci utama untuk diet yang sehat. Apabila Anda telah mempunyai jadwal olahraga yang rutin, aka nada baiknya untuk menambahkan porsi dan waktu olahraga. Namun, bila Anda jarang atau bahkan tidak memiliki jadwal berolahraga, segeralah luangkan waktu untuk melakukannya. Semua jenis olahraga sangat efektif untuk menurunkan berat badan Anda.

2. Hindarilah Minuman Bersoda

Minuman bersoda banyak mengandung gula yang tentu tidak baik bagi tubuh. Dalam satu botol kecil saja, terdapat sekitar 250 kalori. Di samping itu, minuman bersoda tidak mengandung adanya vitamin. Dengan begitu sudah sangat jelas bahwa menghindari minuman bersoda akan sangat membantu cara diet cepat Anda.

3. Hindari Junk Food

Junk food atau makanan cepat saji umumnya banyak mengandung lemak yang tentunya sarat akan kalori. Berdasarkan penelitian, dalam satu porsi makanan cepat saji  saja sudah mengandung seluruh jumlah kalori yang diperlukan oleh tubuh dalam satu hari. Jadi hindarilah mengonsumsi junk food untuk memperoleh berat tubuh yang sehat ideal.

Baca: Cara Diet OCD Yang Benar Untuk Turunkan Berat Badan

4. Mengurangi Porsi Makan

Cara diet cepat yang berikutnya adalah dengan mengurangi porsi makan. Anda dapat mengurangi porsi makan Anda menjadi setengahnya. Tetaplah makan lima kali sehari dalam porsi kecil tersebut. Pola makan ini dapat membantu metabolisme tubuh serta membantu menurunkan berat badan.

5. Perbanyak Makan Buah dan Sayur

Cara ini selain dapat membantu suksesnya program diet Anda, makan buah dan sayur juga dapat mengenyangkan. Selain itu, Anda bisa mengganti makanan cemilan seperti kue, keripik atau cokelat dengan buah-buahan. Dengan begitu berat badan Anda akan bisa berlangsung turun dan tentu tubuh Anda juga mendapatkan nutrisi sehat.

6. Minumlah Sebelum Makan

Terlebih dahulu minum sebelum makan akan dapat mengurangi rasa lapar Anda. Minumlah air putih sekitar 5-10 menit sebelum makan. Dengan cara ini maka Anda akan dapat mengurangi porsi makan. Banyak minum air putih juga dapat membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

7. Hindari Makan Gorengan

Mengonsumsi gorengan memang kurang baik untuk tubuh. Makanan yang digoreng dapat meningkatkan kolesterol yang bisa menyebabkan penimbunan lemak berlebihan di dalam tubuh. Sebaiknya ganti jenis makanan gorengan dengan mengonsumsi makanan yang diolah dengan direbus, dipanggang, dikukus atau dibuat sup.

8. Mengganti Nasi Putih dengan Nasi Merah

Cara berikutnya yang dapat dilakukan adalah dengan mengganti karbohidrat putih dengan karbohidrat kompleks. Karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna oleh tubuh, sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Mengganti nasi putih dengan nasi merah akan dapat membantu diet cepat Anda.

Memiliki berat badan yang sesuai keinginan memang bukanlah hal yang tidak mungkin didapat. Anda dapat melakukan beberapa cara diet cepat diatas secara teratur. Di samping akan menurunkan berat badan, tubuh Anda pun akan tetap sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here