Cara Diet OCD Yang Benar Untuk Turunkan Berat Badan

diet ocd

Ada berbagai macam diet yang dilakukan agar memiliki berat badan ideal. Salah satunya adalah diet OCD. Diet ini dipopulerkan oleh artis tersohor Indonesia bernama Deddy Corbuzier. Kepanjangan dari singkatan jenis diet ini sendiri mencantumkan nama belakang sang artis, yaitu Obsessive Corbuzier’s Diet.

Diet OCD diperkenalkan pada tahun 2013 silam. Awalnya banyak menunai kontra. Namun semakin ke sini semakin banyak yang telah membuktikan keberhasilannya setelah melakukan diet ini. Sebenarnya apa itu diet OCD? Menurut sang pencetusnya, diet ini sama seperti puasa, tepatnya yaitu puasa Nabi Daud. Puasa ini dilakukan dengan menahan diri untuk tidak makan selama 24 jam, kemudian makan lagi dan berpuasa lagi, begitu seterusnya.

Tahapan dan Langkah-Langkah Cara Diet OCD yang Benar

Meskipun dilarang makan dalam kurung waktu 24 jam, namun ada waktu makannya juga. Deddy Corbuzier sendiri makan antara pada jam 11.00 sampai jam 15.00. Berikut ini langkah-langkah detail cara diet OCD yang benar;

1. Jendela makan pertama untuk pemula

Jendela makan pertama, Anda diberi kesempatan untuk makan selama 8 jam. Setelah habis waktu 8 jam tersebut, Anda perlu melanjutkan berpuasa kembali selama 16 jam. Misalnya jika Anda mulai makan pukul 08.00 pagi, maka sampai 8 jam berikutnya Anda tetap boleh makan. Setelah 8 jam tersebut, yaitu pada pukul 16.00 Anda melanjutkan puasa hingga 16 jam selanjutnya. Puasa dalam teori dan praktek diet OCD ini hanya berlaku untuk makan saja. Sementara untuk minum, Anda diperbolehkan, tapi khusus untuk air mineral saja.

2. Jendela makan kedua

Pada jendela makan kedua ini, Anda memiliki waktu bebas makan selama 6 jam. Setelah 6 jam waktu makan tersebut usai, Anda harus berpuasa lagi pada 18 jam berikutnya. Bisa dikatakan bahwa jendela makan kedua ini untuk level yang lebih tinggi dari pemula. Jika pada jendela makan pertama, Anda sebagai pemula merasa tidak kuat, Anda bisa mengombinasi jendela makan pertama dan kedua. Misal, dalam seminggu Anda melakukan langkah jendela makan pertama selama 6 hari, maka sisanya yang sehari bisa Anda gunakan untuk mempraktekkan jendela makan kedua.

Baca juga: Cara Alami Memutihkan Wajah yang Terbukti Cepat dan Mudah

3. Jendela makan ketiga

Semakin naik level, porsi waktu makan akan semakin dikurangi. Pada jendela makan ketiga, waktu makan Anda hanya 4 jam saja dan sisanya, yaitu 20 jam dijalankan tanpa makan apapun. Seperti langkah sebelumnya, jika Anda merasa berat untuk melakukan jendela makan ketiga, Anda dapat menggabungkannya dengan jendela makan pertama dan kedua. Caranya yaitu, jendela makan pertama diterapkan pada hari Senin hingga Kamis, jendela makan kedua untuk hari Jum’at dan Sabtu, kemudian Minggu untuk jendela makan ketiga.

Tidak ada aturan khusus untuk membiasakan diri mengikuti prosedur langkah mengikuti diet OCD ini. Anda juga bisa mengkombinasikannya secara bergantian dengan hari ini menerapkan jendela makan pertama, besok jendela makan kedua dan luas jendela makan ketiga dan seterusnya.

4. Jendela makan keempat

Pada tahap jendela makan keempat ini, Anda perlu puasa utuh selama 24 jam. Meskipun demikian, Anda tetap bisa makan. Misal Anda makan pada pukul 10.00 siang, maka Anda baru boleh makan lagi pada pukul 10.00 pada hari berikutnya. Sama seperti tahap sebelumnya, jika pada tahap ini Anda merasa belum cukup mampu, Anda bisa belajar membiasakan diri dengan menggabungkan ketiga urutan jendela makan ala diet OCD.

Itulah 4 langkah cara diet OCD yang benar dan terbukti ampuh untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan aman. Pada saat Anda mempraktekkan diet ini, Anda perlu menghindari sarapan, tidak makan berlebihan dan berolahraga rutin agar diet Anda berhasil untuk mendapatkan berat badan ideal dan sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here