Cara Hemat Kuota Data Internet di Android

cara hemat kuota data internet

Bagaimana cara hemat kuota? Pertanyaan seperti ini sering sekali dilontarkan, khususnya bagi seseorang yang sering browsing internet melalui smartphone. Bisa dibilang, kuota adalah nyawanya internet. Seperti manusia yang jika nyawanya tidak ada, maka mati dan tidak bisa berbuat apapun lagi. Sama dengan internet. Apabila internet di Android habis, maka tidak ada yang bisa Anda lakukan lagi.

Bedanya jika manusia yang nyawanya hilang tidak bisa kembali, jika internet bisa kembali hidup dengan cara mengisinya kembali dengan kuota data internet. Harga kuota data internet bervariasi, tergantung kartu apa yang digunakan dan berapa giga yang Anda butuhkan. Meskipun harga kuota data internet bervariasi, namun banyak orang yang harus berfikir keras bagaimana cara hemat kuota, agar dapat menghemat biaya pengeluaran membeli kuota.

Cara Hemat Kuota Paling Mudah Dilakukan

Bagi Anda yang merasa membeli kuota data internet menjadi biaya pengeluaran yang harusnya bisa dihindari, berikut ini beberapa tips cara hemat kuota yang bisa Anda terapkan;

1. Gunakanlah fitur Chrome Data Saver pada saat browsing

Browsing merupakan kebutuhan utama pengguna smartphone. Salah satu browser terpopuler di Android adalah Chrome. Melalui setting di Chrome browser ini Anda dapat menghemat kuota. Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur Data Saver dengan pergi ke Setting, kemudian Data Saver dan langkah terakhir adalah meng”On”kannya. Cara seperti ini dapat mengompres data kuota Anda hingga 50 persen untuk mengurangi pemakaian data di smartphone Anda, sehingga patut untuk diterapkan jika ingin hemat kuota. Selain Chrome, Anda juga dapat menggunakan browser yang lebih efisien dan hemat kuota seperti Opera Mini.

2. Merubah fitur Maps ke Mode Offline

Setiap smartphone memiliki fitur aplikasi bernama Maps. Maps inilah yang dapat menguras kuota internet Anda dengan cepat, sehingga perlu dipikirkan dengan baik. Apalagi jika Anda menggunakan layanan turn-by-turn, built-in navigation, melihat map dengan mode satellite atau melihat traffic secara real time. Jika hal ini menjadi masalah bagi Anda, maka segeralah ubah fitur Maps ke mode offline.

Cara hemat kuota dengan merubah fitur Maps sangat mudah. Anda cukup menyentuh Search Bar yang terdapat di atas aplikasi Maps, kemudian geserlah ke bagian bawah hingga menemukan pilihan ‘Save map to use offline’. Sementara itu Anda perlu mengubah ke flight mode, jika platform Anda adalah iOS.

Baca: Membuat HP Android Menjadi Modem

3. Identifikasi aplikasi yang menyedot kuota data dan batasi penggunaan data di masing-masing aplikasi

Smartphone memungkinkan Anda memiliki banyak aplikasi sekaligus dalam satu ponsel. Namun sayangnya, semakin banyak aplikasi bisa membuat ponsel semakin cepat kehabisan kuota. Anda perlu mengidentifikasi aplikasi apa yang kira-kira menyedot kuota data banyak. Caranya adalah dengan pergi ke menu Setting, kemudian Data dan Usage. Tarik ke bawah dan pilih aplikasi yang memakan banyak data, kemudian uninstall. Atau Anda juga bisa membatasi penggunaan data di masing-masing aplikasi dengan cara masuk ke Setting, kemudian Back Up & Sync.

4. Menginstall aplikasi Datally

Datally adalah aplikasi resmi dari Google yang dirilis akhir tahun lalu. Aplikasi ini dapat menghemat kuota sebanyak 30 persen. Untuk menggunakannya, Anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store, kemudian aktifkan tombol “Data Saver”. Datally akan secara otomatis memblok aplikasi yang menyedot kuota di belakang sistem (background). Meskipun demikian, Anda masih dapat memilih aplikasi mana saja yang masih ingin digunakan secara penuh dan mana yang perlu diblok untuk menghemat data kuota. Sayangnya aplikasi ini hanya dapat dimanfaatkan oleh Android versi 5.0 ke atas.

Itulah beberapa cara hemat kuota data internet di android yang mudah dilakukan dan terbukti. Selain keempat cara tersebut, Anda juga perlu membatasi update aplikasi, karena kegiatan ini menyedot kuota yang tidak sedikit. Tunggu update aplikasi jika terhubung dengan WiFi saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here