Cara Membuat Ide Pokok Paragraf

Dalam sebuah paragraf terdiri dari beberapa rangkaian kalimat yang memiliki kalimat utama, kalimat penjelas, ide pokok dan ide penjelas. Ide pokok digunakan sebagai dasar pengembangan paragraf, sedangkan ide penjelas digunakan untuk menguraikan secara rinci dari ide pokok. Dalam satu paragraf hanya terdapat satu ide pokok dan dikembangkan oleh beberapa kalimat penjelas. Cara membuat ide pokok hampir sama dengan cara menentukan kalimat utama.

Ide pokok adalah inti dari sebuah paragraf yang terdapat pada kalimat utama. Ide pokok disebut juga pokok pikiran, gagasan pokok, gagasan utama, atau pikiran utama. Dalam satu paragraf hanya terdapat satu ide pokok yang disertai kalimat-kalimat penjelas untuk menjelaskan secara rinci dari ide pokok tersebut.

Cara Membuat Ide Pokok

Untuk menentukan ide pokok pada sebuah paragraf terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu :

  1. Menentukan kalimat utama pada paragraf
  2. Menentukan inti kalimat utama
  3. Mengubah kalimat utama menjadi lebih ringkas

Contoh Paragraf Deduktif dan Menentukan Ide Pokok

Pada paragraf deduktif, ide pokok dan kalimat utamanya terletak pada kalimat pertama. Kemudian diikuti dengan kalimat-kalimat penjelas yang menguraikan ide pokok menjadi lebih rinci. Contoh paragraf deduktif, yaitu :

                “Populasi gajah sumatera saat ini semakin langka karena disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya yaitu banyaknya manusia yang melakukan perburuan liar terhadap gajah sumatera untuk diambil gadingnya. Selain itu, habitat gajah sumatera juga semakin sempit karena adanya penebangan hutan secara liar. Terjadinya peristiwa kebakaran hutan juga merusak habitat asli gajah sumatera sehingga mereka sulit untuk bertahan hidup.”

Kalimat utama paragraf tersebut yaitu Populasi gajah sumatera saat ini semakin langka karena disebabkan oleh beberapa hal.

Dalam menentukan ide pokok dapat dilakukan dengan cara menyimpulkan kalimat utama, ide pokok paragraf tersebut yaitu penyebab populasi gajah sumatera semakin langka.

Ide pokok sebuah paragraf terletak pada kalimat utama paragraf tersebut. Ide pokok hanya sebuah inti bahasan dari paragraf dan tidak termuat secara utuh pada kalimat. Oleh karena itu, untuk menentukan ide pokok harus menyimpulkan inti kalimat pada kalimat utama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here