Cara Membuat Kesimpulan Paragraf

Dalam sebuah paragraf terbentuk dari beberapa unsur, yaitu ide pokok, kalimat utama, dan kalimat penjelas sebagai informasi tersurat. Informasi tersurat merupakan informasi yang terdapat pada kalimat suatu paragraf. Selain itu, terdapat juga informasi tersirat yaitu informasi yang tidak tertulis secara langsung pada paragraf. Informasi tersirat dalam paragraf yaitu berupa simpulan. Sehingga perlu adanya cara membuat kesimpulan paragraf untuk memperoleh informasi tersebut.

Kesimpulan adalah kalimat yang berisi pendapat akhir dari uraian yang disampaikan sebelumnya. Kalimat simpulan tidak terdapat pada kalimat dalam paragraf. Oleh karena itu, untuk menyusun kesimpulan harus membaca keseluruhan kalimat pada paragraf.

Cara Membuat Kesimpulan

Untuk menyimpulkan isi paragraf dengan benar dapat dilakukan melalui cara :

  1. Membaca keseluruhan isi paragraf
  2. Menentukan kalimat utama paragraf
  3. Menyusun kesimpulan

Penulisan kesimpulan harus dibuat berdasarkan hal-hal yang terdapat pada paragraf serta menggambarkan isi paragraf tersebut. Selain itu, menulis kesimpulan harus memperhatikan bahasa dan pilihan kata yang digunakan agar mudah dipahami.

Contoh Paragraf dan Menyusun Kesimpulan

Contoh paragraf:

Banjir merupakan bencana alam yang sebagian besar disebabkan oleh ulah manusia. Banjir terjadi akibat adanya penyumbatan pada aliran air. Kebiasaan membuang sampah sembarangan menjadi faktor utama penyebab banjir. Sampah yang dibuang sembarangan ke sungai lama-kelamaan akan menumpuk dan menghambat aliran air sehingga terjadi banjir. Untuk mencegah terjadinya banjir, kebiasaan membuang sampah pada tempatnya harus ditanamkan kepada masyarakat sejak dini.

Cara menentukan kesimpulan yaitu diawali dengan membaca keseluruhan isi paragraf. Selanjutnya menentukan kalimat utama yang mengandung ide pokok paragraf tersebut.

Kalimat utama paragraf tersebut yaitu ‘Banjir merupakan bencana alam yang sebagian besar disebabkan oleh ulah manusia’. Pada akhir paragraf disebutkan cara mencegah terjadinya banjir dengan membuang sampah pada tempatnya. Sehingga kesimpulan pada paragraf tersebut yaitu ‘Banjir dapat dicegah dengan melakukan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya‘.

Kesimpulan isi paragraf dapat dibuat dengan mudah jika mengetahui cara-cara yang harus dilakukan. Kesimpulan yang dibuat harus berdasarkan analisis dari isi paragraf yang sudah dibaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here