Cara Membuat Rencana Bisnis Sederhana yang Efektif

cara membuat rencana bisnis

Rencana bisnis menjadi bagian yang sangat penting untuk menunjang kesuksesan sebuah bisnis atau usaha. Oleh sebab itu, point-point di sini perlu dipikirkan matang-matang. Salah satu tujuannya adalah sebagai arahan dalam pelaksanaan usaha.

Dalam menulis atau membuat rencana bisnis ada beberapa hal yang perlu diuraikan, seperti tujuan usaha dan proses-proses yang berkaitan dengan usaha yang Anda jalankan, seperti pemasaran dan lain sebagainya. Rencana ini perlu disusun secara sistematis, agar mudah dipahami dan dijalankan dengan baik dan efektif.

Point-Point Dalam Membuat Rencana Bisnis Sederhana

Rencana bisnis dapat dijadikan sebagai titik awal dalam mengeksplorasi konsep bisnis. Berikut ini beberapa tips dan cara membuat rencana bisnis sederhana yang efektif;

1. Tulis tujuan membangun usaha (visi dan misi)

Setiap tindakan pasti memiliki tujuan. Apalagi tindakan dalam membangun bisnis, pastilah tujuan menjadi pemikiran yang paling penting. Tujuan membangun usaha atau visi misi perlu dipikirkan dengan cermat. Karena dengan tujuan yang matang dan jelas, bisnis Anda akan dapat berjalan sesuai dengan perencanaan.

2. Deskripsikan produk atau jasa yang Anda tawarkan

Setelah mendapatkan visi dan misi, saatnya Anda mendiskripsikan produk atau jasa yang ingin Anda tawarkan. Gambarkan produk atau jasa tersebut secara detail. Caranya adalah dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang produk Anda dan berikan jawaban yang jelas.

Cara seperti ini juga bermanfaat sebagai bentuk mengenal produk dengan baik. Dengan mengenal produk dengan baik, maka strategi pemasaran dapat dijalankan sesuai dengan target konsumen. Selain itu, jelaskan pula tentang bagaimana kebutuhan pasar akan produk atau jasa Anda.

3. Tentukan target

Target menjadi acuan yang sangat penting dalam rencana bisnis, khususnya dalam jangka panjang (pelanggan). Pelanggan adalah inti dari bisnis Anda. Selain itu, target ini juga menjadi titik akhir sebuah perjalanan bisnis yang ingin Anda capai.

Semakin jelas target Anda, maka akan semakin mudah untuk menjalankan bisnis, termasuk melakukan strategi pemasaran. Cara mencari target, Anda perlu mengenali calon pelanggan Anda dengan baik, diantaranya seperti usia, jenis kelamin, tempat tinggal, perekonomian, dan lain sebagainya.

Baca: Cara Mencari Ide dan Peluang Usaha Bagi Pengusaha Pemula

4. Aspek pemasaran dan analisa pesaing

Pemasaran adalah salah satu kunci apakah bisnis Anda sukses atau tidak. Jadi, dalam menuliskan rencana bisnis perlu mencantumkan secara jelas bagaimana cara memasarkan produk Anda tersebut, meliputi sistem pemasaran atau penjualan, strategi-strategi khusus, jangka waktu pemasaran, lokasi atau cara mendapatkan produk Anda (apakah online atau offline) dan lain sebagainya.

Selain itu, sertakan pula analisa pula tentang pesaing. Tulis kelebihan dan kekurangan produk pesaing. Apakah kelebihan dan kekurangan produk pesaing tersebut akan memberikan efek terhadap produk Anda atau tidak

5. Mencantumkan sumber daya manusia (Struktur organisasi dan manajemen)

SDM perlu dipikirkan, karena SDM juga berpengaruh terhadap kesuksesan target bisnis Anda. Di dalam rencana bisnis, Anda perlu menuliskan struktur organisasi dan sumber daya manusia secara terperinci, dari mulai pimpinan, bagian marketing dan lain sebagainya. Struktur manajemen ini perlu dijelaskan pula pembagian kerjanya.

6. Rincian keuangan

Bisnis identic dengan keuangan. Paling tidak modal sangat dibutuhkan dalam menjalankan bisnis. Oleh sebab itu, penting sekali untuk merinci seluruh kegiatan usaha, seperti produksi, sarana dan prasarana, marketing atau pemasaran, dan biaya operasional lainnya. Selain pengeluaran, pendapatan pun perlu dicantumkan, agar jelas dalam pembagian laba atau keuntungan.

Rencana bisnis merupakan modal yang tidak terlihat yang dapat membantu bisnis Anda berjalan sesuai harapan. Namun selain menuliskan rencana, Anda perlu mempraktekkan dari apa yang telah Anda tuliskan tersebut. Terutama hal-hal yang mengacu pada manajemen sumber daya alam. Di dalam point tersebut terdapat tugas-tugas tertentu yang wajib dilaksanakan sebagai upaya untuk mensuksesan rencana bisnis yang telah dibuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here