4 Cara Memperoleh Kredit Yang Lebih Murah

Cara Memperoleh Kredit Yang Lebih Murah

Kredit merupakan salah satu cara alternatif pembiayaan yang cepat. Salah satu lembaga keuangan resmi yang memberikan kredit adalah bank. Lembaga keuangan tersebut biasanya memberikan kredit ditambahkan dengan bunga. Kredit dan bunga tersebut harus kita bayarkan secara bertahap sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati. Dengan mengetahui cara memperoleh kredit yang lebih murah maka kita bisa menghemat angsuran tiap bulannya.

Cara Memperoleh Kredit Yang Lebih Murah

Berikut ini beberapa cara untuk memperoleh kredit yang lebih murah daripada biasanya yang ditawarkan bank

1. Kredit Usaha

Jika Anda membutuhkan modal untuk mengembangkan usaha, maka kredit usaha dapat menjadi solusi. Kredit usaha memberikan bunga yang lebih ringan dari pada kredit konsumsi. Untuk memperoleh kredit usaha biasanya harus melampirkan bukti usaha yang telah berjalan. Sebagai contoh kredit usaha adalah kredit usaha rakyat (KUR).

Meskipun demikian KUR memberikan batasan kredit yang cukup kecil. Jika Anda membutuhkan modal yang lebih besar dari yang diberikan KUR maka dapat mengambil kredit usaha yang lain. Besaran bunga yang dibebankan kepada nasabah juga dapat dikomunikasikan dengan pihak bank.

2. Akhir Tahun

Cara memperoleh kredit yang lebih murah yang kedua adalah menunggu akhir tahun. Setiap akhir tahun biasanya bank memberikan bunga khusus kepada nasabahnya. Biasanya lebih rendah dari bulan-bulan lainnya.

Hal ini cukup berasalan, karena bank harus berlomba dengan waktu mengejar target penyaluran kredit dalam 1 tahun. Untuk meningkatkan penyaluran kredit tersebut biasanya bank akan menerapkan bunga yang lebih ringan pada kredit konsumsi maupun kredit usaha.

Baca: Cara Mencari Ide dan Peluang Usaha Bagi Pengusaha Pemula

3. Hari Ulang Tahun Bank

Jika menunggu akhir tahun terlalu lama, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk mengambil kredit pada hari ulang tahun bank. Biasanya bank dalam menyongsong hari ulang tahun memberikan kredit dengan bunga yang lebih ringan. Baik untuk kredit konsumsi maupun kredit usaha.

Selain mengejar target penyaluran kredit, memberikan diskon bunga pada hari ulang tahun bank juga merupakan bentuk pencitraan. Perlu diingat bahwa nama baik dan riwayat merupakan salah satu poin penting dalam bisnis ini.

4. Rencana

Baik kredit konsumsi maupun kredit usaha perlu adanya perencanaan yang matang. Baik dari segi rencana penggunaan kredit tersebut sampai dengan kemampuan membayar kembali disertai dengan bunganya.

Dengan membuat perencanaan yang baik maka kebutuhan akan kredit bisa terpenuhi dengan beban bunga yang lebih ringan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here