Cara Mencari Ide dan Peluang Usaha Bagi Pengusaha Pemula

ide dan peluang usaha

Pengetahuan cara mencari ide dan peluang usaha perlu dipelajari, agar dapat menemukan ide bisnis yang tepat. Terlebih bagi pemula, ilmu ini wajib dipahami. Karena selain modal yang kurang memadai, ide bisnis yang kurang seringkali menjadi kendala yang mendasar biasanya seseorang menemui kesulitan dalam memulai dan menjalankan sebuah usaha atau bisnis.

Tips Cara Mencari Ide dan Peluang Usaha Bagi Pemula

Sebenarnya menemukan ide dan peluang usaha yang cocok untuk diterapkan tidak sulit. Namun memang perlu menganalisa dan memikirkan beberapa hal, seperti;

1. Mulailah dengan mengidentifikasi potensi diri melalui keahlian dan hobi

Pada dasarnya setiap orang lahir dengan keahlian masing-masing. Bahkan tidak sedikit dari keahlian yang dimiliki tersebut dapat menjadi ide dan peluang bisnis yang menghasilkan pundi-pundi rupiah. Misalnya menulis.

Saat ini banyak sekali orang yang membutuhkan jasa penulis, terutama online. Anda yang memiliki hobi dan bakat menulis dapat menjadi penulis online, bahkan mendirikan peluang usaha atau agency yang merekrut penulis-penulis lain untuk bekerja sama dengan Anda menjadi content writer.

2. Mencari tahu produk yang sedang trend dan dibutuhkan banyak orang di Google Trend

Jika Anda telah memikirkan tentang hobi dan potensi diri, ternyata Anda belum atau tidak menemukan ide dan peluang usaha yang menarik, saatnya Anda menggunakan teknologi canggih bernama Google Trend.

Lewat Google Trend ini, Anda dapat menemukan informasi lengkap mengenai trend bisnis di suatu lokasi. Informasi yang disajikan hadir dalam bentuk persentase dan angka, sehingga mudah untuk dipahami

Cara memanfaatkan kecanggihan teknologi ini juga mudah. Anda cukup mengetik di mesin pencari “Google Trend”, kemudian menuliskan kata kunci di kolom pencarian Google Trend tersebut. Tulis produk apa yang ingin Anda cek peluang usahanya.

Selain Google Trend, Anda pun dapat melakukan riset produk di e-commerce, seperti Amazon dan AliExpress. Di web-web tersebut Anda dapat melihat daftar produk dengan beragam tipe yang sedang tren. Tren tersebut disajikan berdasarkan data penjualan, sehingga hasil datanya actual.

Baca: Pengertian dan Cara Membuat Proposal Usaha yang Benar

 3. Membaca kondisi lingkungan sekitar

Selain melakukan riset produk melalui media internet dengan fasilitas browsing, Anda juga dapat menemukan ide dan peluang usaha dengan membaca kondisi lingkungan sekitar. Anda dapat menganalisa kira-kira usaha atau bisnis apa yang jika hadir bisa menjadi solusi atau mengatasi masalah yang ada di lingkungan dimana calon bisnis tersebut akan dijalankan.

Atau Anda juga bisa memulai dengan diri Anda sendiri. Misalnya saja ide mendirikan Go-jek, Nadiem Makarim yang merupakan Sang Founder mendapatkan ide bisnis tersebut berdasarkan pengalaman pribadi. Beliau sering mendapati ojek langganan duduk lama untuk mendapatkan pelanggan. Nah, Anda pun bisa mulai menemuka ide dan peluang usaha dari pengalaman Anda sendiri. Atau, Anda juga bisa belajar dari masalah orang lain.

4. Belajar dari bisnis orang lain

Anda dapat menemukan ide dan peluang usaha dari mempelajari bisnis orang lain, baik yang telah sukses atau dari kekurangan suatu bisnis milik orang lain. Untuk belajar dari bisnis orang lain yang sukses, Anda perlu menganalisa bagaimana bisnis tersebut mampu bertahan dalam jangka waktu lama dan keunggulan-keunggulan lain yang membuat bisnis tersebut sukses. Anda tidak perlu meniru seratus persen, tapi gunakanlah metode ATM (amati, tiru dan modifikasi).

Selain dari kesuksesan, Anda juga dapat menemukan ide dan peluang bisnis dari kekurangan bisnis orang lain. Terutama bisnis serupa yang sedang ingin Anda jalankan, yaitu melalui browsing di website bisnis kompetitor atau sosial media. Perhatikan bagaimana ulasan-ulasan yang dibuat oleh para pelanggan, kemudian catat keluhan-keluhan dan hal-hal yang menjadi kekurangan competitor tersebut. Catatan-catatan tersebut bisa memunculkan ide dan peluang bisnis terbaik untuk Anda

Itulah 4 cara mendapatkan ide dan peluang usaha yang bisa Anda lakukan. Mulailah dari diri sendiri, yaitu dengan menemukan potensi diri melalui bakat. Jika tidak menemukan, Anda dapat mencarinya melalui internet, yaitu dengan memanfaatkan Google Trend dan e-commerce besar. Selain itu, Anda juga dapat belajar dari lingkungan sekitar dan juga belajar dari bisnis orang lain, baik kesuksesan maupun kekurangannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here