Cara Mencari Kalimat Utama pada Paragraf

Kalimat merupakan serangkaian kata yang disusun sesuai dengan kaidah yang berlaku. Dalam membuat sebuah kalimat setidaknya terdiri dari subjek dan predikat. Kalimat harus diawali dengan huruf kapital dan diakhiri dengan tanda baca. Kumpulan beberapa kalimat yang saling berkaitan membentuk satu ide pokok disebut dengan paragraf. Di dalam sebuah paragraf terdapat kalimat utama sebagai ide pokok paragraf. Cara mencari kalimat utama pada sebuah paragraf harus membaca kalimat pertama dan kalimat akhir pada paragraf tersebut.

Kalimat utama adalah kalimat yang mengandung ide pokok paragraf dan menjadi dasar pengembangan dalam paragraf. Kalimat utama tidak selalu terletak pada kalimat pertama, namun juga bisa terletak pada kalimat terakhir serta kalimat pertama dan terakhir sebuah paragraf. Mengetahui kalimat utama dapat mempermudah dalam menentukan ide pokok paragraf tersebut

Cara Mencari Kalimat Utama

Untuk menentukan kalimat utama dalam sebuah paragraf dapat dilakukan dengan cara :

  1. Baca kalimat pertama dan kalimat terakhir dalam paragraf
  2. Tentukan ide pokok atau gagasan utama dari kalimat tersebut
  3. Kalimat yang mengandung ide pokok merupakan kalimat utama

Jenis-Jenis Kalimat Utama

Berdasarkan letaknya, kalimat utama terdiri dari kalimat utama di awal paragraf, di akhir paragraf, serta di awal dan akhir paragraf.

Kalimat utama di awal paragraf

Kalimat utama yang terletak di awal paragraf disebut dengan paragraf deduktif. Kalimat utama yang bersifat umum kemudian dikembangkan menjadi kalimat-kalimat yang bersifat khusus dan lebih rinci. Contoh paragraf deduktif yaitu :

                Bunga Bangkai Raksasa merupakan tumbuhan endemik Pulau Sumatera. Tumbuhan ini termasuk suku talas-talasan yang memiliki bunga terbesar di dunia. Bunga bangkai memiliki ciri khas berupa bau busuk yang menyengat seperti bangkai. Tingginya mencapai 3,1 meter dan hanya mampu hidup pada habitat aslinya.

Kalimat utama di akhir paragraf

Letak kalimat utama yang berada di akhir paragraf disebut dengan paragraf induktif. Paragraf induktif diawali dengan kalimat-kalimat penjelas yang bersifat khusus dan diakhiri dengan kesimpulan sebagai kalimat utamanya yang terletak di akhir paragraf. Contoh paragraf induktif, yaitu :

                Banyak manusia yang sering melakukan perburuan liar terhadap harimau sumatera. Perburuan itu dilakukan untuk mengambil kulit harimau untuk dijual dan dijadikan berbagai kerajinan. Habitat asli harimau juga semakin sempit karena adanya penebangan hutan secara liar. Oleh karena itu, populasi harimau sumatera saat ini semakin langka.

Kalimat utama di awal dan akhir paragraf

Selain paragraf deduktif dan induktif terdapat juga paragraf campuran. Kalimat utama pada paragraf campuran terletak di kalimat pertama dan kalimat terakhir dalam sebuah paragraf. Contoh paragraf campuran, yaitu :

                Hutan memiliki banyak manfaat bagi makhluk hidup. Di dalam hutan terdapat beragam jenis tumbuhan yang berfungsi untuk menyerap air ke dalam tanah dan mencegah tanah longsor. Selain itu, hutan merupakan habitat asli bagi berbagai jenis hewan. Hutan juga dapat dijadikan tempat wisata bagi manusia. Oleh karena itu, hutan harus dijaga karena bermanfaat bagi kehidupan.

Cara mencari kalimat utama dilakukan dengan membaca kalimat pertama dan terakhir pada sebuah paragraf untuk menentukan ide pokok paragraf tersebut. Kalimat yang mengandung ide pokok merupakan kalimat utama.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here