Tips dan Cara Menjadi Wirausaha Sukses dan Tangguh

Menjadi Wirausaha Sukses

Menjadi wirausaha sukses memang impian semua orang. Namun untuk meraihnya memang tidak mudah. Butuh proses yang panjang dan penuh perjuangan. Selain itu, diperlukan banyak modal. Selain modal materi, juga dibutuhkan modal diri, seperti mental yang kuat, semangat kerja keras dan trik.

Tips dan Cara Menjadi Wirausaha Sukses

Meskipun menjadi wirausaha sukses tidak mudah, bukan berarti Anda juga tidak bisa. Terapkan tips cara menjadi wirausaha sukses berikut ini dapat membantu Anda meraih impian menjadi pengusaha yang sukses dan juga tangguh dalam memimpin bisnis;

1. Utamakan evaluasi dan penilaian diri

Sukses memiliki banyak faktor. Sebelum Anda melangkah untuk berkeinginan menjadi wirausaha sukses, Anda perlu menilai dan mengevaluasi diri. Tanyakan kepada diri Anda sendiri apakah Anda mampu? Apakah Anda sudah memiliki bekal untuk mewujudkan cita-cita dan harapan Anda tersebut? Selain menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Anda juga perlu mengevaluasi diri dengan menuliskan kekurangan Anda sebanyak-banyaknya. Anda juga perlu menuliskan kelebihan. Kelompokkan kekurangan dan kelebihan Anda dalam beberapa point, seperti;

  • Kegemaran dan keterampilan
  • Pengetahuan dan pengalaman
  • Kepribadian, meliputi tingkat kepercayaan diri, daya tahan bersaing dan lainnya.

2. Jangan ragu untuk belajar dari orang lain

Di Indonesia sendiri banyak wirausaha sukses yang dapat dijadikan role model atau contoh meraih impian menjadi pengusaha sukses. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang berangkat dari nol dan kisahnya sangat inspiratif, seperti Susi Pudjiastuti, Gibran Rakabuming, Ahmad Zaky, Bob Sadino, Ni Luh Ary Pertami Dhelantik dan lain sebagainya. Selain mengamati perjalanan bisnis karir mereka yang menginspirasi, Anda juga dapat membaca pola pikir. Sebagian besar pola pikir orang sukses hampir sama, sehingga Anda dapat mencontoh dan menerapkannya.

Baca: Tips Jitu Menjadi Wirausahawan Sukses untuk Pemula

3. Perluas pengetahuan dan jaringan

Dalam bisnis relasi atau jaringan sangat penting. Selain itu, Anda juga tidak boleh melupakan pengetahuan. Anda perlu melakukan hal-hal yang dapat menambah relasi bisnis Anda lebih luas dan juga pengetahuan tentang bisnis Anda geluti lebih dalam. Sebuah bisnis juga perlu dipikirkan matang-matang. Salah satunya untuk menemukan ide yang kreatif dan inovatif, sehingga Anda butuh waktu untuk meningkatkan daya kreatifitas. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk menjadi wirausaha sukses melalui cara ini, yaitu;

  • Membaca buku
  • Berlibur, misal berjalan santai sambil menikmati pemandangan alam.
  • Mengikuti seminar atau event yang berkaitan dengan bisnis Anda.

4. Milikilah mental berani mengambil resiko

Seorang wirausaha sukses pasti pernah mengalami rintangan. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang justru dapat bertengger di puncak kesuksesan karena keberaniannya mengambil resiko dan memenangkan rintangan yang menghadang. Mental pemberani sangat dibutuhkan untuk menjalankan bisnis. Jadi jika Anda ingin menjadi orang sukses, beranilah dan bertekadlah.

Yakinkan dalam diri Anda bahwa Anda bisa mengatasi segala rintangan dan memenangkannya. Meskipun demikian, dalam melangkah mengambil resiko, Anda perlu memikirkan matang-matang. Jangan sampai Anda gegabah dan melangkah dengan buta. Dalam hal ini, pengetahuan dan sikap kritis diperlukan.

5. Tentukanlah rencana, tujuan, target dan strategi bisnis yang mumpuni

Dalam menjalankan bisnis perlu dipikirkan matang-matang. Anda perlu menuliskan strategi bisnis, agar bisnis yang Anda sedang jalankan berjalan sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Tuliskan tujuan dan target usaha Anda di dalam strategi bisnis yang lengkap dan terperinci, mulai dari visi dan misi, target konsumen, kompetitor, sistem marketing dan lain sebagainya.

Itulah 5 tips dan cara menjadi wirausaha sukses. Setelah Anda memiliki rencana dan strategi bisnis dan bisnis Anda telah berjalan, saatnya Anda mencari Sumber Daya Manusia (SDM) yang dipilih karena kualitasnya. Kualitas SDM bagus, sistem, rencana dan strategi bagus, maka cita-cita untuk menjadi sukses tidaklah sulit untuk diraih.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here