Cara Ternak Lovebird Untuk Bisa Sukses

cara ternak lovebird

Bagi Anda penggemar burung, Anda dapat membuka peluang usaha dengan beternak lovebird. Untuk pemula, Anda pasti mencari tahu cara ternak lovebird agar dapat berhasil dengan baik. Anda dapat mengumpulkan berbagai informasi yang ada sebelum melakukannya agar tidak salah dalam mengambil keputusan. Siapa tahu hobi yang Anda geluti ini dapat menjadi usaha sampingan yang cukup menjanjikan. Karena mengoleksi sekaligus beternak rasanya adalah hobi yang dibayar dan sebagai pengisi waktu luang.

Yang harus Anda tahu, lovebird adalah jenis burung yang setia karena hanya memiliki satu kekasih saja dalam seumur hidupnya. Jadi Anda harus mempertemukannya dengan burung lain yang benar-benar berjodoh dan cocok. Beternak lovebird juga sangat lebar peluangnya karena banyak peminatnya. Selain karena lucu, warna bulunya yang beragam juga sangat indah untuk dilihat. Cara memeliharanya pun relatif mudah karena tahan dengan berbagai macam cuaca.

Cara Ternak Lovebird untuk Pemula

Bila Anda berniat beternak lovebird, modalnya cukup terjangkau dan nantinya Anda akan mendapatkan keuntungan yang lumayan besar. Simaklah beberapa cara yang harus dilakukan untuk beternak lovebird.

1. Menyiapkan kandang

Sebelum beternak lovebird, Anda harus memikirkan dulu tentang persiapan kandangnya. Apabila Anda berniat beternak lovebird dengan jumlah burung yang lebih dari satu pasang, sediakan kandang yang besar dan Anda dapat memberikan sekat untuk setiap pasangan. Siapkan pula tempat untuk bertelurnya dengan kotak dari kayu yang keras dengan ukuran 20 cm x 20 cm x 25 cm.

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan dalam cara ternak lovebird adalah persiapkan ranting kecil, dedaunan kering, serutan kayu di sekitar kotak kayu sebagai tempat bertelur. Saat sudah siap bertelur, nanti mereka akan membangun sarang mereka sendiri di dalam wadah kayu yang disediakan.

2. Belilah sepasang lovebird yang berkualitas dan sehat

Setelah kandangnya siap, langkah selanjutnya adalah membeli indukan lovebird dengan kriteria yang diinginkan. Misalnya saja yang warnanya bagus atau suaranya bagus sehingga menambah nilai jualnya nanti. Tipsnya adalah, pilihlah lovebird yang berkualitas tinggi sehingga nantinya keturunannya juga akan berkualitas. Sebaiknya Anda memilih jantan yang lebih tua usianya agar nantinya lebih bisa mendominasi. Untuk mengetahui umurnya, Anda dapat menanyakannya pada penjual burung.

Baca: Tips Memulai Usaha Agrobisnis Untuk Sampingan

3. Menunggu lovebird sampai siap kawin

Untuk mengetahui siap kawin atau belum, Anda dapat mengetahui dari ciri yang ada. Biasanya saat sudah siap kawin, lovebird jantan akan sering menggosokkan pantatnya di sangkar. Sedangkan lovebird betina akan lebih sering merentangkan sayap dan mengangkat ekornya ke atas. Bila ciri itu terlihat, segeralah mengawinkannya. Karena membiarkannya terlalu lama akan membuat mereka sulit untuk kawin. Ini adalah ilmu dasar untuk Anda yang ingin tahu cara ternak lovebird.

4. Rutin memberi makan agar cepat bertelur

Salah satu usaha agar lovebird cepat bertelur dalam cara ternak lovebird adalah dengan memberi makan secara teratur. Makanan yang baik untuk lovebird diantaranya adalah jagung muda, kangkung, biji bunga matahari, biji sawi dan benih kenari.

5. Proses perkawinan dan bertelur

Bila sudah kawin dan bertelur, Anda jangan sering melihat keadaan mereka agar tidak merasa terganggu. Biarkan lovebird mengerami telurnya dengan tenang tanpa gangguan.

6. Memisahkan lovebird dengan induknya

Saat telur sudah menetas, jangan langsung memisahkan anakannya. Tunggulah hingga berusia 2 minggu hingga mereka keluar dari sarangnya.

7. Memberi makan anak lovebird

Saat sudah pisahkan, berikan kandang yang hangat dengan memasang lampu 5 watt. Selain itu berikan juga makanan berupa bubur bayi atau pellet yang sudah diseduh dengan air hangat. Suapi anakan 4 jam sekali agar tidak kelaparan.

Demikianlah cara ternak lovebird yang bisa Anda lakukan agar mendapatkan hasil yang maksimal. Yang paling penting, Anda harus memiliki ketelatenan dalam mengurusnya karena anakan lovebird masih lemah dan membutuhkan bantuan dan perawatan yang ekstra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here