Contoh Alat Musik Tiup dan Penjelasannya

Indonesia memiliki beragam kekayaan tidak hanya kekayaan hasil alam, namun juga keragaman dalam bidang seni dan budaya. Kebudayaan di Indonesia terdiri dari berbagai tarian daerah, lagu daerah, upacara adat, dan sebagainya. Di Indonesia juga terdapat berbagai alat musik yang digunakan untuk mengiringi suatu pertunjukan tari maupun nyanyian. Salah satunya yaitu suling sebagai contoh alat musik tiup.

 Pengertian Alat Musik Tiup

Alat musik tiup merupakan suatu alat musik yang dapat menghasilkan bunyi atau nada jika ditiup. Cara memainkan alat musik tiup terdapat beberapa teknik dan aturan khusus agar dapat mengeluarkan bunyi atau nada yang indah. Pembuatan alat musik tiup dapat menggunakan kayu atau logam serta terdapat lubang-lubang tuts nadanya. Sehingga alat musik tersebut dapat menghasilkan nada yang berbeda-beda.

Contoh Alat Musik Tiup

Berikut ini beberapa contoh alat musik yang ditiup, antara lain :

Suling

Suling adalah alat musik tiup yang tersebar di seluruh daerah di Pulau Jawa. Suling biasanya terbuat dari bambu. Namun, saat ini suling juga terbuat dari berbagai logam seperti perak dan emas. Suling dapat menghasilkan nada yang lembut serta dapat dipadukan dengan alat musik yang lain. Suling dibentuk dengan terdapat lubang-lubang yang berjumlah 4, 5, atau 6 sebagai pengatur nada ketika ditiup.

Terompet

Terompet merupakan alat musik yang sumber bunyinya berasal dari getaran udara. Terompet terbuat dari bahan logam serta hanya mempunyai tiga tombol saja. Untuk mendapatkan nada yang berbeda, pemain terompet harus menyesuaikan dengan embouchure. Embouchure yaitu posisi bibir dan gigi pada mouthpiece.

Harmonika

Harmonika merupakan salah satu alat musik tiup modern yang berukuran kecil. Harmonika modern sudah ada sejak tahun 1821 dan ditemukan oleh Christian Friedrich Buschmann. Harmonika dimainkan dengan cara meniup dan menghisap lubang-lubang pada harmonika tersebut. Harmonika dapat digunakan untuk mengiringi berbagai jenis musik. Salah satu jenis harmonika yang mudah dimainkan yaitu harmonika diatonic. Pada harmonika diatonic hanya terdapat 10 lubang kecil.

Masih terdapat beberapa contoh alat musik tiup yang lain, yaitu saksofon, trombon, dan flute. Berbagai alat musik tiup baik tradisional maupun modern tersebut dapat menghasilkan bunyi atau nada-nada yang indah jika dimainkan sesuai dengan teknik dan aturan yang benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here