Contoh Bahan Makanan Sumber Karbohidrat

Menjaga asupan makanan sangat penting dilakukan agar tubuh mendapatkan gizi yang seimbang. Dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, tubuh akan menjadi sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Gizi seimbang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Contoh bahan makanan sumber karbohidrat dapat diperoleh dari tumbuhan di lingkungan sekitar.

Karbohidrat disebut juga dengan hidrat arang. Karbohidrat adalah senyawa organik yang terdiri dari tiga unsur yaitu karbon, hidrogen, dan oksigen. Karbohidrat pada makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah ke dalam bentuk yang lebih sederhana menjadi molekul gula seperti glukosa, fruktosa, dan galaktosa. Tubuh akan menyerap molekul gula tersebut sehingga menjadi sumber energy dalam tubuh.

Manfaat Karbohidrat Bagi Tubuh

Karbohidrat sangat penting bagi tubuh karena memiliki berbagai manfaat yang dapat berpengaruh pada kesehatan. Manfaat karbohidrat bagi tubuh, diantaranya yaitu :

1. Sebagai sumber energi

Manfaat utama karbohidrat adalah sebagai sumber energy bagi tubuh. Sumber energy tersebut berasal dari glukosa yang dihasilkan dari proses pencernaan karbohidrat menjadi molekul sederhana. Karbohidrat juga akan menjadi sumber cadangan energy dalam bentuk lemak.

2. Mencegah berbagai penyakit

Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat tinggi merupakan salah satu upaya menjaga kesehatan tubuh. Kandungan serat dalam makanan mampu mencegah munculnya berbagai penyakit seperti diabetes serta mampu menurunkan kadar kolesterol sehingga menurunkan resiko penyakit jantung.

3. Meningkatkan fungsi otak

Karbohidrat yang terdapat pada biji-bijian, kacang-kacangan, dan beras merah dapat mengembangkan fungsi otak. Otak akan menerima zat gizi dalam bentuk glukosa sehingga otak dapat berpikir dengan baik.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam karbohidrat terdapat pada berbagai sayuran dan buah-buahan yang baik bagi sistem pencernaan. Berbagai makanan mengandung serat tersebut dapat melindungi dan mencegah gangguan pada pencernaan.

5. Mengendalikan berat badan

Mengkonsumsi makanan mengandung karbohidrat dan kaya akan serat dapat membantu mengendalikan berat badan. Makanan berserat dapat membuat tubuh lebih lama kenyang sehingga dapat juga menurunkan berat badan.

Contoh Bahan Makanan Sumber Karbohidrat

Bahan makanan sumber karbohidrat paling banyak berasal dari tumbuhan. Terdapat banyak contoh makanan sumber karbohidrat yang mudah ditemukan, yaitu :

1. Beras merah

Beras merah sebagai sumber karbohidrat yang baik karena juga mengandung serat yang cukup tinggi. Kandungan serat tersebut memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh terutama pencernaan kita. Kandungan dalam beras merah dipandang lebih baik dibandingkan dari beras putih biasa.

2. Beras Putih

Meskipun tidak sebagus beras merah, beras putih lebih mudah dijumpai dan lebih ekonomis. Beras putih merupakan makanan pokok sebagian besar masyarakat di Indonesia. Beras merupakan sumber karbohidrat yang cukup baik serta memiliki rasa yang lebih enak.

3. Kentang

Kentang merupakan salah satu keluarga umbi yang biasa diolah sebagai lauk dan makanan pokok. Kentang dapat diolah menjadi berbagai jenis olahan makanan yang mengandung karbohidrat dan juga serat yang baik bagi tubuh. Oleh karena itu, kentang dapat digunakan sebagai makanan pokok pengganti nasi.

4. Jagung

Di beberapa daerah jagung merupakan makanan pokok pengganti nasi. Jagung juga mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, serat, dan asam folat yang berguna untuk tubuh. Jagung dapat diolah menjadi nasi dan berbagai olahan lainnya.

5. Gandum

Seperti halnya beras dan jagung, gandum merupakan salah satu contoh bahan makanan sumber karbohidrat yang umum dijumpai. Gandum dipandang lebih baik dari beras putih karena mengandung gula yang lebih rendah.

6. Ketela Pohon

Ketela pohon biasa disebut singkong atau ubi kayu merupakan keluarga umbi-umbian yang banyak mengandung karbohidrat. Beberapa daerah di Indonesia menjadikan ketela pohon makanan pengganti bagi beras dan jagung pada musim-musim tertentu.

Sumber karbohidrat sangat banyak, murah, dan mudah ditemukan. Namun, dalam mengkonsumsinya harus menjaga keseimbangan gizi dalam tubuh agar karbohidrat bermanfaat dengan baik serta tidak menimbulkan berbagai penyakit akibat dari karbohidrat yang berlebih.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here