Contoh Bahan Makanan Sumber Vitamin

Vitamin termasuk zat gizi mikro karena tubuh hanya membutuhkan vitamin dalam jumlah yang sedikit. Contoh bahan makanan sumber vitamin terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Vitamin adalah senyawa organik yang tersusun  sebagai pengatur proses-proses kimia dalam tubuh yang sangat berguna untuk proses metabolisme tubuh. Vitamin tidak dapat dibuat sendiri oleh tubuh manusia, namun diperoleh dari berbagai makanan yang dikonsumsi.

Macam-macam Vitamin dan Manfaatnya

Beberapa macam vitamin sangat diperlukan oleh tubuh manusia sebagai penunjang proses metabolisme tubuh. Vitamin terdiri dari :

1. Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak yang berfungsi menjaga kesehatan mata, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu tumbuh kembang sel dalam tubuh. Kekurangan asupan vitamin A menyebabkan gangguan kesehatan mata seperti katarak dan rabun serta dapat menurunkan kekebalan tubuh.

2. Vitamin B

Vitamin B adalah jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin B membantu proses metabolisme dalam tubuh. Vitamin ini terbagi menjadi beberapa kelompok yaitu :

  • Vitamin B1, berfungsi mengubah glukosa menjadi energi pada tubuh dan untuk mengatur sistem saraf. Kekurangan vitamin B1 dapat menyebabkan penyakit beri-beri yang mempengaruhi pernafasan, fungsi jantung, dan kesehatan mata.
  • Vitamin B2, nutrisi yang penting untuk perkembangan jaringan tubuh, produksi sel darah merah, dan mengatur metabolisme. Kekurangan vitamin B2 menimbulkan gangguan kesehatan seperti anemia, kerusakan saraf, dan kelelahan.
  • Vitamin B3, merupakan nutrisi yang penting bagi sistem saraf, saluran pencernaan, membantu fungsi otak, dan menjaga kesehatan kulit. Tubuh yang kekurangan vitamin B3 menyebabkan gangguan pencernaan, sakit kepala, dan daya ingat menurun.
  • Vitamin B5, memiliki banyak manfaat bagi tubuh yaitu sebagai pemecah karbohidrat, protein, dan lemak. Selain itu, vitamin B5 juga dapat menjaga kesehatan kulit dan rambut. Vitamin ini dapat ditemukan pada hampir semua jenis sayuran.
  • Vitamin B6, berperan penting dalam menjaga kesehatan otak dan sistem saraf. Kekurangan vitamin B6 dapat mengakibatkan anemia, gangguan kesehatan kulit, serta meningkatkan resiko gangguan otak seperti depresi, kejang, dan kebingunan.
  • Vitamin B7, berfungsi mencerna dan memecah lemak dan karbohidrat menjadi asam lemak dan glukosa. Vitamin ini juga dapat mempercepat pertumbuhan jaringan. Kekurangan vitamin B7 menyebabkan proses metabolisme menurun, pernafasan terganggu, dan kelainan jantung.
  • Vitamin B9, merupakan zat yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan tubuh. Vitamin ini penting dalam pembentukan sel darah merah dan pembentukan sel otak. Kekurangan vitamin B9 dapat menyebabkan penyakit anemia, sariawan, sesak nafas, dan kelainan otak.
  • Vitamin B12, berfungsi menjaga kesehatan mata, kulit, dan sistem saraf serta menghasilkan sel darah merah. Kekurangan vitamin B12 menyebabkan anemia, sesak nafas, gangguan penglihatan, dan penyakit kuning.

3. Vitamin C

Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air. Vitamin ini dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh serta memproduksi kolagen pembentuk lapisan kulit dan jaringan tubuh. Selain itu vitamin c berfungsi menjaga sistem kekebalan tubuh, merawat kesehatan kulit, tulang, dan gigi. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh lemah, masalah kulit, nyeri sendi, dan pendarahan pada gusi.

4. Vitamin D

Vitamin D termasuk jenis vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini dibutuhkan tubuh untuk menjaga kadar kalsium dan fosfat. Sehingga berperan penting dalam pembentukan dan perlindungan tulang dan gigi. Kekurangan vitamin D menyebabkan rakitis, osteoporosis, penyakit jantung, dan kanker.

5 .Vitamin E

Vitamin E berfungsi menjaga kesehatan jaringan kulit serta mengontrol kadar asam lemak dalam tubuh. Kurang mengonsumsi vitamin E dapat menyebabkan kulit kering, rambut rontok, kekebalan tubuh lemah, dan sulit mendapat keturunan.

6. Vitamin K

Vitamin K merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan bermanfaat dalam proses pembekuan darah, memperlancar aliran darah, dan menjaga kesehatan jantung. Kekurangan vitamin K dalam tubuh menyebabkan gangguan fungsi jantung, kanker, dan penuaan dini.

Contoh Bahan Makanan Sumber Vitamin

Vitamin A

Berasal dari wortel, tomat, paprika merah, bayam, mangga, semangka, pepaya, hati, ikan, dan telur.

Vitamin B

Dapat diperoleh dari daging merah, ikan, telur, buah melon, buncis, dan kembang kol.

Vitamin C

Sumber vitamin C berasal dari papaya, stroberi, nanas, jeruk, brokoli, paprika, dan kale.

Vitamin D

Bahan makanan mengandung vitamin D yaitu, minyak ikan, salmon, tuna, jamur kancing, udang, hati sapi, dan kuning telur.

Vitamin E

Makanan sumber vitamin E adalah almond, kuaci, bayam, alpukat, brokoli, dan labu.

Vitamin K

Bahan makanan mengandung vitamin K yaitu, bayam, sawi, brokoli, kangkung, daun bawang, kale, dan buah delima.

Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin sangat penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Asupan vitamin yang cukup pada tubuh dapat menjaga metabolisme dan tidak mudah terserang penyakit.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here