Dampak Perburuan Hewan Langka

perlindungan hewan dari kepunahan

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman hayati seperti flora dan fauna. Terdapat banyak spesies flora dan fauna bahkan hingga ribuan spesies yang hidup di Indonesia. Keanekaragaman ini terjadi karena Indonesia terletak di daerah tropis sehingga flora dan fauna dapat hidup dengan baik, serta Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan memiliki wilayah laut yang luas sehingga memungkinkan untuk hidup berbagai spesies sesuai dengan habitatnya. Namun, berbagai spesies hewan dapat mengalami kepunahan sebagai dampak perburuan hewan langka.

Saat ini terdapat berbagai spesies hewan yang populasinya semakin sedikit dan mulai terancam punah. Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu perburuan hewan secara liar. Perburuan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin meningkat. Kepunahan pada hewan akan terjadi jika perburuan masih terus dilakukan dan akan terjadi berbagai dampak yang berpengaruh terhadap manusia maupun lingkungan.

Dampak Perburuan Hewan Langka

Berbagai dampak dari adanya perburuan hewan langka yaitu :

1. Terjadi kepunahan berbagai jenis hewan

Perburuan hewan banyak digunakan untuk keperluan manusia dengan mengambil bagian tubuh hewan tersebut. Kebutuhan manusia yang semakin meningkat menyebabkan perburuan hewan semakin banyak dilakukan sehingga populasi hewan menjadi berkurang. Jika perburuan tidak dihentikan lama kelamaan berbagai jenis hewan akan mengalami kepunahan.

2. Keseimbangan ekosistem terganggu

Perburuan hewan oleh manusia dapat menyebabkan keseimbangan ekosistem terganggu. Jika hewan langka tersebut terus diburu hingga terjadi kepunahan maka suatu ekosistem menjadi tidak seimbang karena hilangnya satu organisme hewan dalam satu lingkungan.

3. Mengurangi keanekaragaman hayati

Hewan merupakan salah satu contoh keanekaragaman hayati. Dunia hewan memiliki spesies yang sangat banyak. Namun perburuan hewan langka yang terus terjadi bisa menyebabkan hilangnya spesies hewan tersebut sehingga keanekaragaman hayati juga akan berkurang.

Contoh Perburuan Hewan Langka

Perburuan hewan dilakukan terhadap hewan-hewan yang memiliki banyak manfaat. Contoh hewan yang terancam punah akibat perburuan yaitu :

  1. Badak
  2. Harimau Sumatera
  3. Gajah Sumatera
  4. Orang utan
  5. Komodo
  6. Burung Cenderawasih
  7. Burung Jalak Bali

Perburuan hewan langka harus dicegah serta upaya pelestariannya harus dilakukan agar hewan-hewan tersebut tidak mengalami kepunahan sehingga keanekaragaman hayati tetap terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here