Enzim Pencernaan Manusia dan Fungsinya

Sistem pencernaan makanan pada tubuh manusia dilakukan secara kimiawi dengan dibantu oleh zat-zat kimia yang disebut dengan enzim. Selain itu, dalam proses pengolahannya juga dilakukan secara mekanis. Proses tersebut dimulai dari mulut hingga ke usus dengan mengubah makanan menjadi lebih kecil dan halus kemudian dikeluarkan dari tubuh. Enzim pencernaan manusia dihasilkan oleh setiap organ pada sistem pencernaan yang memiliki fungsinya masing-masing.

Enzim adalah suatu molekul yang terbuat dari ikatan protein kompleks yang membantu proses kimia di dalam tubuh. Enzim dihasilkan oleh sel-sel di dalam tubuh itu sendiri. Enzim berfungsi untuk menyerap nutrisi pada makanan serta mengubah zat-zat pada makanan menjadi bentuk sederhana sehingga mudah diserap oleh tubuh.

Macam-macam Enzim Pencernaan Manusia

Berbagai macam enzim yang digunakan oleh tubuh untuk membantu sistem pencernaan manusia berasal dari lambung, hati, dan pankreas.

1. Lambung

Di dalam lambung terjadi reaksi kimia karena adanya beberapa enzim. Enzim yang dihasilkan oleh lambung, yaitu :

a. Enzim pepsin

Enzim pepsin berfungsi untuk membantu memecah protein menjadi pepton. Makanan yang masuk ke lambung dan memiliki kandungan protein akan dicerna dan proses pencernaannya dibantu oleh enzim pepsin untuk mengubahnya menjadi senyawa protein yang ikatannya lebih sederhana.

b. Enzim renin

Enzim renin pada lambung berfungsi untuk mencerna dan mengendapkan protein susu. Di dalam susu terdapat zat yang berbeda susunan dan ikatan proteinnya. Pengolahan protein susu tersebut diubah menjadi kasein dibantu oleh enzim renin. Bahan protein susu tersebut juga disimpan dengan cara diendapkan menjadi kasein susu.

c. Asam klorida

Asam klorida berfungsi untuk membunuh kuman yang masuk bersama dengan makanan. Makanan yang masuk ke dalam lambung pertama kali akan diolah terlebih dahulu oleh asam klorida untuk membunuh kuman yang terdapat pada makanan. Setelah makanan bebas dari kuman dan aman untuk diproses, selanjutnya enzim pepsin dan enzim renin akan diaktifkan untuk melakukan proses pengubahan protein.

2. Hati

Hati juga termasuk organ yang membantu proses pencernaan manusia. Di dalam hati terdapat enzim yang membantu sistem pencernaan, yaitu :

a. Cairan empedu

Cairan empedu dihasilkan oleh hati yang berfungsi untuk membantu proses pencernaan lemak. Penyerapan lemak ke dalam tubuh akan dilakukan oleh empedu.

b. Enzim lipase

Enzim lipase tidak hanya diproduksi oleh pankreas, namun juga dapat diproduksi oleh hati. Enzim lipase yang dihasilkan oleh hati berfungsi untuk mengatur kadar lemak di dalam darah.

3. Pankreas

Enzim-enzim yang dihasilkan oleh pankreas memiliki peranan penting dalam proses pencernaan. Enzim yang berasal dari pankreas kemudian disalurkan ke usus, antara lain :

a. Enzim lipase

Enzim lipase yang dihasilkan oleh pankreas berfungsi untuk memecah lemak yang terkandung pada makanan menjadi molekul yang lebih kecil, yaitu asam lemak dan gliserol.

b. Enzim amilase

Enzim amilase merupakan enzim pencernaan yang berfungsi untuk mencerna karbohidrat kompleks menjadi lebih sederhana yaitu memecah zat tepung menjadi gula (glukosa) sehingga dapat menghasilkan energy untuk tubuh.

c. Enzim tripsin

Enzim tripsin berfungsi untuk menguraikan protein menjadi asam amino sehingga mudah diserap oleh tubuh dan diolah menjadi sumber energy.

Berbagai enzim yang diproduksi oleh organ-organ di dalam tubuh manusia berperan penting dalam sistem pencernaan serta menguraikan makanan agar nutrisi yang terkandung pada makanan tersebut dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here