8 Fakta Yang Terjadi Saat Hamil 20 Minggu

hamil 20 minggu

Menikmati proses kehamilan dari minggu ke minggu tentu saja menjadi sesuatu yang penuh dengan kejutan apalagi untuk kehamilan yang pertama. Anda yang sudah memasuki trimester kedua saat hamil 20 minggu pasti juga bertanya-tanya apa saja perkembangan yang sudah terjadi pada si kecil di dalam rahim. Berikut ini adalah beberapa fakta yang terjadi di usia kehamilan memasuki 20 minggu.

Fakta yang terjadi saat hamil 20 minggu

1. Suhu tubuh ibu akan meningkat

Saat hamil 20 minggu, ibu akan cenderung merasa adanya peningkatan suhu tubuh. Hal ini akan menyebabkan Anda terkena ruam di payudara, lengan, kaki dan sering berkeringat. Oleh karena itu kenakanlah pakaian yang nyaman sehingga dapat menyerap keringat dan tidak menyebabkan ruam di banyak bagian tubuh. Pakaian yang berbahan katun sangat disarankan untuk dipakai sehari-hari dan jangan lupa taburkan bedak bayi di bagian tubuh yang ruam.

2. Mulai keluar kelenjar susu

Karena sudah memasuki 20 minggu, payudara Anda akan mengalami perubahan dan sedikit demi sedikit kelenjar susu akan aktif. Hal ini wajar karena tubuh sedang beradaptasi dan mempersiapkan diri untuk menghasilkan ASI bagi si kecil saat sudah lahir. Jadi Anda tidak perlu khawatir bila hal itu terjadi. Namun bila hingga usia 20 minggu belum ada tanda tersebut, Anda juga tidak perlu khawatir karena ibu satu dan yang lainnya berbeda.

3. Sering buang air kecil

Jangan heran bila saat usia kehamilan 20 minggu Anda akan semakin sering bolak balik ke wc untuk buang air kecil. Hal ini karena ginjal bekerja lebih aktif dan membuat Anda lebih sering buang air kecil dibanding biasanya.

4. Perkembangan janin

Saat hamil 20 minggu, janin Anda ukurannya sekitar 20 hingga 22 cm dengan berat badanya berkisar 200 hingga 300 gram. Ukurannya sudah cukup besar, kira-kira sebesar tangkupan dua tangan Anda. Namun ukuran bayi ini tidak paten karena satu dengan yang lainnya berbeda karena berbagai faktor yang salah satunya karena faktor gizi.

5. Kulit janin semakin tebal

Di minggu ke 20 ini kulit janin sudah bertambah tebal dan tidak lagi transparan seperti sebelumnya. Oleh karena itu, tingkatkan dan perhatikan pola makan Anda agar bayi dapat tumbuh dengan maksimal. Makanlah makanan yang bergizi seimbang sehingga dapat diserap dengan baik sebagai sumber tumbuh kembang janin dalam rahim Anda.

Baca: 5 Masker Wajah Alami Yang Mencerahkan Wajah

6. Gerakan janin semakin kuat

Bila mungkin di minggu sebelumnya janin masih belum bergerak kuat, di minggu ke 20 ini janin sudah mulai bergerak dengan kuat dan terasa. Biasanya janin akan bergerak aktif di malam hari sehingga membuat perut Anda bergerak-gerak. Di dalam rahim, janin melakukan gerakan sekitar 200 kali dalam sehari. Namun tidak semuanya dapat Anda rasakan dengan jelas.

7. Wajah janin sudah mulai terlihat

Hal yang mungkin Anda tunggu selama kehamilan adalah ingin melihat wajah bayi Anda yang masih ada di dalam rahim dengan menggunakan USG 3D. walaupun masih samar terlihat, Anda pasti akan merasa bahagia saat melihatnya karena dia yang Anda nantikan selama ini.

8. Otak janin sudah semakin berkembang

Di usianya yang memasuki 20 minggu, otak bayi sudah mulai berkembang dengan signifikan. Di sini saraf-saraf inderanya mulai dapat merespon dan sensitif. Contohnya saja bayi akan berkedip saat menerima rangsangan cahaya dan juga sensitif dengan sentuhan yang diberikan. Selain itu, bayi juga sudah mulai bisa mendengar suara dengan memberikan respon saat Anda mengucapkan sesuatu.

Ternyata menakjubkan sekali hal yang terjadi saat hamil 20 minggu ini. Semua rasa tidak nyaman yang Anda rasakan pasti akan hilang saat tahu janin yang Anda kandung dapat tumbuh dengan baik dan akan segera terlahir ke dunia. Oleh karena itu, jalanilah setiap prosesnya dengan sebaik mungkin. Jagalah kesehatan dan juga rileks agar semuanya berjalan dengan baik hingga waktu persalinan tiba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here