Fungsi Bagian-Bagian Tumbuhan

Tumbuhan merupakan salah satu makhluk hidup yang sangat bermanfaat bagi makhluk hidup lain seperti manusia dan hewan. Tumbuhan pada umumnya mempunyai klorofil untuk melakukan proses fotosintesis dengan bantuan sinar matahari. Sehingga tumbuhan dapat membuat makanannya sendiri dan disebut juga dengan makhluk hidup autotrof. Tumbuhan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik jika fungsi bagian-bagian tumbuhan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Tumbuhan memiliki bagian-bagian yang penting. Pada umumnya terdiri dari akar, batang, daun, dan bunga. Selain itu, terdapat juga buah dan biji sebagai hasil dari proses penyerbukan pada tanaman. Bagian-bagian tumbuhan tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda dalam menunjang proses kehidupannya.

Fungsi Bagian-Bagian Tumbuhan

Terdapat bagian-bagian tumbuhan yaitu akar, batang, daun, bunga, buah dan biji yang memiliki fungsi masing-masing.

Akar

adaptasi morfologi pada tumbuhan

Akar memiliki sistem pertumbuhan yang mengarah ke dalam tanah, sehingga akar merupakan bagian tumbuhan yang tidak tampak karena berada di dalam tanah. Selain itu, akar memiliki bentuk yang runcing di bagian ujungnya untuk mempermudah menembus tanah. Akar juga memiliki bagian-bagian tersendiri yaitu inti akar, rambut akar, dan tudung akar. Berdasarkan bentuknya, akar terdiri dari dua jenis yaitu akar serabut dan akar tunggang. Beberapa fungsi akar, yaitu :

  1. Menyerap air dan zat hara dari dalam tanah
  2. Sebagai penyokong batang tumbuhan
  3. Sebagai alat pernapasan
  4. Tempat menyimpan cadangan makanan

Batang

Batang merupakan bagian tumbuhan yang tumbuh di atas tanah. Pertumbuhannya mengarah ke atas sehingga tampak jika dilihat. Pada umumnya batang memiliki cabang, namun terdapat beberapa jenis tumbuhan yang tidak bercabang misalnya tumbuhan pisang, kelapa dan pepaya. Berdasarkan jenisnya batang terdiri dari batang berkayu, batang rumput, dan batang basah. Fungsi batang diantaranya, yaitu :

  1. Sebagai penopang tumbuhan
  2. Pengangkut air dan mineral
  3. Penyimpanan cadangan makanan
  4. Alat perkembangbiakan

Daun

Setiap tumbuhan pada umumnya memiliki daun berwarna hijau dan berbentuk tipis yang tumbuh dari batang tumbuhan. Daun merupakan bagian tumbuhan yang terdiri dari daun lengkap dan tidak lengkap. Daun lengkap memiliki bagian-bagian yaitu tulang daun, helai daun, tangkai daun, dan pelepah daun. Daun juga memiliki bentuk yang berbeda-beda antara lain, menyirip, melengkung, menjari, dan sejajar. Daun memiliki berbagai fungsi yaitu :

  1. Sebagai tempat pembuatan makanan
  2. Sebagai alat pernapasan
  3. Tempat terjadinya penguapan
  4. Sebagai alat perkembangbiakan vegetatif alami pada tumbuhan

Bunga

penyerbukan pada tanaman/tumbuhan

Bunga merupakan bagian tumbuhan yang sangat menarik karena memiliki bentuk dan warna yang indah. Bunga memiliki beberapa struktur bagian yaitu tangkai bunga, kelopak bunga, mahkota bunga, benang sari dan putik. Bunga yang memiliki alat kelamin ganda yaitu benang sari dan putik dalam satu organ disebut dengan bunga sempurna. Jika bunga hanya memiliki satu alat kelamin saja disebut dengan bunga tidak sempurna.

Fungsi utama bunga pada tumbuhan adalah sebagai alat perkembangbiakan. Perkembangbiakan melalui penyerbukan dapat terjadi jika serbuk sari yang berasal dari benang sari dapat menempel pada putik bunga.

Buah

strategi pemasaran

Buah juga merupakan bagian tumbuhan yang merupakan hasil perkembangan dari bakal buah. Di dalam buah biasanya terdapat biji. Buah akan membungkus dan melindungi biji tersebut. Buah memiliki bagian-bagian yaitu kulit buah, pembungkus buah, daging buah, dan biji. Buah memiliki beberapa fungsi, yaitu :

  1. Membungkus dan melindungi biji
  2. Sebagai tempat cadangan makanan

Biji

Biji merupakan hasil dari proses penyerbukan dan pembuahan pada tanaman. Biji terbungkus oleh lapisan luar yang kuat agar tidak mudah kering. Biji memiliki beberapa bagian yaitu kulit biji, tali pusar, dan inti biji. Fungsi utama biji pada tumbuhan yaitu sebagai alat reproduksi. Selain itu, biji juga tempat menyimpan makanan, dan pembentuk tumbuhan baru.

Tumbuhan mempunyai beberapa bagian penting untuk menunjang proses kehidupannya. Setiap bagian pada tumbuhan memiliki fungsi yang berbeda-beda.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here