Fungsi Konduktor dan Isolator Panas

Dalam kehidupan sehari-hari dapat ditemui berbagai benda atau alat yang dibuat oleh manusia dengan memperhatikan sifat-sifat bahan tersebut agar dapat dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan. Benda-benda tersebut dapat dikelompokkan berdasarkan bentuk, sifat bahan penyusun, kegunaan, dan kemampuannya dalam menghantarkan panas. Kemampuan benda dalam menghantarkan panas dibedakan menjadi dua macam yaitu konduktor dan isolator. Fungsi konduktor dan isolator panas berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari manusia.

Fungsi Konduktor dan Isolator

Konduktor adalah segala benda yang mudah dan cepat dalam menghantarkan panas. Sehingga konduktor dapat difungsikan sebagai penghantar atau penyalur panas pada berbagai benda.

Sedangkan isolator adalah benda-benda yang tidak dapat menghantarkan panas. Isolator dapat difungsikan untuk menghambat panas pada suatu benda atau mencegah aliran panas dari wadah yang panas ke bagian tubuh manusia seperti tangan.

Benda yang bersifat konduktor dan isolator panas banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Benda-benda tersebut juga sering ditemukan pada alat-alat rumah tangga.

Contoh Konduktor Panas

1. Logam

Logam adalah salah satu bahan tambang yang memiliki sifat keras, mengkilat, dan memiliki kepadatan tinggi. Selain itu logam juga mudah ditempa sehingga dapat dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Logam juga termasuk penghantar panas dan listrik yang baik. Contoh logam yaitu timah, besi, baja, seng, tembaga, dan aluminium.

2. Kaca

Kaca juga termasuk konduktor panas. Namun, kemampuan kaca menghantarkan panas tidak sebaik logam. Kaca merupakan suatu bahan yang tembus pandang dan terbuat dari peleburan pasir yang dicampur garam pada suhu tinggi serta penambahan sedikit bahan kimia untuk mengubah sifat kaca. Ketika campuran tersebut mendingin akan menjadi padat dan terbentuklah kaca.

Contoh Isolator Panas

1. Kain

Kain termasuk isolator panas karena memiliki sifat yang dapat menghambat aliran panas. Oleh karena itu, kain sering digunakan sebagai pelindung tangan pada saat memegang wadah panas untuk menghalangi panas dan tidak panas tidak berpindah ke tangan.

2. Karet

Karet merupakan bahan isolator panas yang terbuat dari getah pohon, salah satunya yaitu pohon karet. Karet memiliki sifat yang kuat, lentur, dan tidak tembus air. Namun karet dapat meleleh jika terkena api.  

3. Kayu

Kayu juga termasuk bahan isolator panas yang baik karena sifatnya yang keras, kuat, dan dapat menghambat aliran listrik. Kayu biasanya digunakan sebagai pegangan pada berbagai peralatan masak. Namun, penggunaannya jangan sampai terkena api karena kayu bersifat mudah terbakar.

Berbagai macam bahan konduktor dan isolator panas dapat mempermudah kegiatan manusia. Benda konduktor dan isolator biasanya digunakan pada peralatan rumah tangga terutama alat-alat memasak.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here