Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsi Router

fungsi router

Pernahkah Anda mendengar tentang perangkat router? Router merupakan salah satu jenis perangkat keras. Perangkat keras yang terdapat dalam jaringan komputer ini memiliki tugas tersendiri. Fungsi router adalah untuk menghubungkan beberapa jenis jaringan yang sama atau berbeda.

Router sendiri adalah suatu alat yang sengaja dibuat untuk mengirimkan sebuah paket data melalui jaringan internet. Dengan demikian, paket data tersebut dapat mencapai tujuannya. Proses ini dikenal dengan nama routing. Mari simak secara lengkap tentang cara kerja router dan fungsinya.

Fungsi Router

Fungsi router dan cara kerjanya bisa menjadi informasi menarik bagi Anda yang bermaksud untuk memiliki jaringan internet sendiri di rumah. Di jaman digital seperti sekarang, internet memang berperan aktif dalam kehidupan manusia sehari-hari. Hampir semua aktifitas dapat dibantu dengan adanya internet.

Berikut beberapa fungsi router yang penting untuk Anda ketahui.

1. Membagi IP Address

Fungsi router pertama adalah untuk membagikan IP Address. Pembagian ini dapat dilakukan baik secara statis atau pun menggunakan cara DHCP atau dinamis. Pembagian dilakukan untuk semua komputer atau perangkat yang terhubung dengan router tersebut. Dengan demikian, setiap komputer dapat saling terhubung untuk melakukan komunikasi melalui internet atau pun Local Area Network atau LAN.

2. Digunakan dengan teknologi wireless

Di era yang sudah maju seperti sekarang, router tidak hanya dapat berfungsi untuk menyambungkan IP Address ke setiap komputer. Sekarang ini, router telah dikembangkan dengan yang namanya teknologi wireless. Dengan teknologi wireless yang dimilikinya, router dapat disambungkan secara langsung ke setiap perangkat komputer, gadget, ataupun laptop yang berada di jangkauan router tersebut. Jadi, tidak perlu menggunakan kabel LAN. Namun hanya cukup menggunakan gelombang radio saja.

Baca : Cara Hemat Kuota Data Internet di Android

Sebenarnya, router sendiri memiliki bermacam-macam jenis. Masing-masing jenis router memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Selain itu, berbeda jenis router berbeda pula cara kerjanya. Namun, semua jenis router tetap memiliki kesamaan fungsi yaitu untuk menghubungkan perangkat yang ada di sekitarnya ke jaringan internet, meskipun dengan cara kerja yang berbeda-beda.

Selanjutnya, mari simak lebih jauh tentang cara kerja dari perangkat keras router untuk jaringan komputer di era sekarang.

Cara Kerja Router

Cara kerja yang dilakukan oleh router seringkali disebut dengan routing. Proses dan teknik routing ini dilakukan untuk dapat mengetahui arah serta rute dari perjalanan informasi yang akan dituju.

Jika informasi yang dituju oleh router mengarah pada sebuah jaringan yang berbeda, maka router tersebut nantinya akan meneruskan informasi kepada jaringan tersebut. Namun sebaliknya, jika ternyata informasi yang dituju mengarah pada jaringan yang sama, maka router akan bekerja untuk menghalangi paket dan kemudian meneruskan kembali paket tersebut dengan routing yang sama agar bisa sampai ke tempat tujuannya.

Di era sekarang ini, router sangat diperlukan untuk menghubungkan berbagai jaringan yang kecil ke jaringan yang lebih besar. Hal ini bisa disebut dengan internetwork. Selain itu, router juga bisa bekerja dengan cara membagi sebuah jaringan yang besar kepada jaringan-jaringan yang lebih kecil. Hal tersebut dikenal dengan nama subnetwork. Semua hal tersebut dapat dilakukan untuk mempermudah kinerja manajemen masing-masing pihak yang menggunakan router tersebut.

Banyak sekali instansi dan pihak lain seperti perusahaan, kantor-kantor, sekolah, bahkan rumah-rumah yang menggunakan layanan internet untuk mempermudah berbagai macam aktifitas. Di sinilah router akan berfungsi untuk membantu tersampaikannya jaringan internet kepada media yang Anda gunakan. Demikianlah pengertian, cara kerja, serta fungsi router yang begitu bermanfaat untuk manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here