Gangguan dan Penyakit Pencernaan Manusia

Organ pencernaan pada manusia dimulai dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, rektrum, dan terakhir anus. Karena banyaknya organ yang terlibat dalam pencernaan tersebut maka resiko untuk terjadi gangguan dan terkena penyakit pada pencernaan manusia semakin besar.

Penyebab Gangguan dan Penyakit pada Pencernaan Manusia

Penyebab terganggunya organ pencernaan pada manusia dapat digolongkan dalam faktor dari dalam (internal) dan faktor dari luar (eksternal) berikut:

Faktor internal

1. Keturunan (genetika)

Kelainan yang diturunkan dari orang tua kepada anak seperti produksi asam lambung yang tinggi juga dapat menyebabkan gangguan pada organ pencernaan.

2. Gaya hidup

kurangnya olah raga dan pola istirahat yang kurang dan tidak teratur dapat menyebabkan produksi asam lambung yang tidak seimbang.

3. Pola pikir

mendapatkan tekanan secara psikis dapat menyebabkan meningkatnya asam lambung yang dapat menyebabkan gangguan pada lambung

Faktor eksternal

1. Makanan

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada lambung. Selain itu makanan yang tidak seimbang secara protein, vitamin, serat, dan mineral juga dapat menggangu proses pencernaan.

2. Virus dan Bakteri

Makanan yang kurang bersih dapat mengandung bakteri E-coli yang dapat menyebabkan peningkatan jumlah bakteri dalam usus yang berakibat diare.

Gangguan dan Penyakit Pencernaan Manusia

Organ pencernaan manusia dapat mengalami gangguan hingga menimbulkan penyakit yang disebabkan oleh beberapa faktor. Gangguan alat pencernaan manusia, antara lain :

1. Sembelit

Sembelit merupakan gangguan pencernaan ditandai dengan sulit buang air besar. Sembelit dapat terjadi akibat beberapa hal, seperti kurangnya asupan makanan berserat dan kurang minum air.

2. Diare

sumber: wikipedia.org

Diare merupakan gangguan saluran pencernaan pada usus yang diakibatkan oleh kuman yang masuk bersama makanan maupun alergi makanan tertentu. Diare dapat mengakibatkan demam, dehidrasi, dan turunnya berat badan.

3. Sakit maag

Maag merupakan penyakit gangguan pencernaan yang menyerang lambung. Maag disebabkan oleh peningkatan produksi asam lambung yang menimbulkan rasa perih dan nyeri pada lambung. Hal tersebut dipicu oleh pola makan yang tidak teratur dan stress.

4. Sariawan

Sariawan merupakan gangguan yang menyerang organ awal pencernaan yaitu mulut. Sariawan bisa muncul karena disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya ketidakseimbangan hormon, stres, infeksi herpes, alergi makanan, anemia, kekurangan nutrisi seperti vitamin C, dan masalah pada sistem pencernaan.

Alat pencernaan manusia tersusun dari beberapa organ tubuh yang harus selalu dijaga kesehatannya agar nutrisi dapat diserap dengan baik oleh tubuh serta tidak terjadi berbagai penyakit dan gangguan pada sistem pencernaan manusia.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here