Gejala Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai

gejala penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan perlu diwaspadai. Serangan jantung sangat sering terjadi secara tiba-tiba, dan tidak sedikit orang bisa kehilangan nyawa dalam sekejap. Gejala penyakit jantung seringkali diabaikan dan dianggap sebagai penyakit biasa.

Penyakit jantung dapat terjadi jika pembuluh darah utama (pembuluh darah koroner) yang menyuplai darah ke jantung mengalami kerusakan. Kerusakan ini disebabkan adanya penumpukan kolesterol atau plak pada pembuluh darah koroner. Plak dapat menyumbat pembuluh darah dan membuat suplai darah dan oksigen menuju jantung terhambat. Penyakit jantung ini terkadang memang tidak selalu dirasakan oleh penderitanya. Tetapi para dokter telah mengindikasikan adanya beberapa gejala penyakit jantung tersebut.

Beberapa gejala penyakit jantung yang perlu Anda waspadai

1. Sakit Kepala

Gejala penyakit jantung yang pertama adalah sakit kepala. Ketika Anda mengalami sakit kepala pada saat terkena sinar matahari dapat mengindikasikan bahwa Anda memiliki masalah pada jantung. Hal ini juga akan menimbulkan denyut jantung yang lebih lambat atau lebih cepat. Pada wanita yang berpotensi lebih banyak mengalami sakit kepala migraine juga harus diwaspadai, sebab berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Academy of Neurology, sakit kepala pada pengidap penyakit jantung ini dapat terjadi akibat dari sirkulasi darah yang tidak lancar.

2. Nyeri Dada

Selain sakit kepala, awal gejala penyakit jantung yang umum dirasakan adalah nyeri dada. Dari nyeri dada ini akan muncul efek sesak napas serat keluarnya keringat dingin yang disertai mual, dan denyut jantung yang berdegub lebih kencang. Nyeri dada ini terjadi karena adanya penyumbatan arteri yang membuat tidak lancarnya aliran darah ke seluruh tubuh.

3. Denyut Jantung Tidak Teratur

Denyut jantung yang tidak teratur biasanya terjadi karena adanya penebalan otot pada katup jantung. Penebalan otot katup jantung ini dapat menyebabkan terjadi penyempitan pada katup yang menyebabkan kebocoran. Oleh sebab itu, sangat perlu diwaspadai saat denyut jantung menjadi tidak teratur, sebab akan berdampak negatif bagi kesehatan.

Baca: Cara Mencerahkan Wajah Secara Alami yang Mudah Dilakukan

4. Mudah Lelah

Rasa mudah lelah dapat menandakan adanya masalah kesehatan jantung Anda, seperti berkurangnya kerja jantung akibat kurangnya pasokan oksigen ke jantung. Ketika tubuh lebih mudah lelah dari biasanya, padahal tanpa adanya aktivitas fisik yang berat maka sudah sepatutnya untuk Anda waspadai.

5. Adanya Pembengkakan

Gejala penyakit jantung berikutnya adalah adanya pembengkakan. Penyakit jantung dapat menyebabkan terjadinya pembengkakan pada beberapa bagian tubuh seperti perut. Pembengkakan ini muncul karena adanya gangguan pada proses pembuangan cairan dari ginjal yang diakibatkan oleh menurunnya fungsi jantung. Di samping itu, pembengkakan ini menyebabkan pengidapnya kehilangan nafsu makan dan merasakan mual yang berlebih.

6. Rasa Cemas Berlebihan

Rasa cemas yang berlebihan juga erat kaitannya dengan adanya masalah jantung. Bagi mereka yang pernah mengalami serangan jantung umumnya akan lebih sering merasa tegang, takut, atau cemas akan kehilangan nyawa. Rasa cemas ini dapat menyebabkan denyut jantung tidak teratur serta adanya keringat dingin terutama pada telapak tangan dan telapak kaki.

Beberapa gejala penyakit jantung diatas memang perlu Anda waspadai. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui pertolongan pertama yang harus dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut, diantaranya adalah untuk tetap tenang dan jangan panik, lalu duduklah dengan bersandar senyaman mungkin serat hindari posisi berbaring sebab dapat mengganggu jalan pernapasan. Kemudian jangan minum air terlalu banyak karena dapat membuat nafas semakin sesak, dan segera beri pertolongan medis. Memang tidak ada yang tahu kapan datangnya penyakit, termasuk penyakit jantung. Namun setiap penyakit pasti selalu dapat diantisipasi sedini mungkin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here