Ciri-Ciri Hewan Pemakan Tumbuhan (Herbivora)

Semua makhluk hidup pasti membutuhkan makanan sebagai sumber energi untuk bertahan hidup. Tidak hanya manusia, hewan juga membutuhkan makanan. Namun jenis makanan yang dimakan berbeda-beda. Terdapat kelompok hewan pemakan tumbuhan, pemakan daging, serta pemakan tumbuhan dan daging (omnivora).

Kelompok hewan pemakan tumbuhan di sebut juga hewan herbivora. Pengelompokkan ini didasarkan pada jenis makanannya. Hewan herbivora hanya memakan tumbuh-tumbuhan yaitu rumput dan bagian tumbuhan seperti daun, batang, dan biji sebagai sumber energinya. Oleh karena itu, hewan tidak bisa dikatakan sebagai herbivora jika hewan tersebut juga memakan jenis makanan selain tumbuhan.

Ciri-Ciri Hewan Pemakan Tumbuhan

Terdapat beberapa ciri-ciri yang dapat kita lihat untuk mengetahui hewan yang memanfaatkan tumbuhan sebagai makanannya, diantaranya :

  1. Sebagian besar hewan hidup di darat
  2. Berkembangbiak dengan cara beranak
  3. Termasuk hewan menyusui
  4. Tidak mempunyai gigi taring
  5. Gigi geraham yang lebar
  6. Kebanyakan hewan berkaki 4
  7. Hewan bertulang belakang
  8. Termasuk golongan hewan berdarah panas

Contoh Hewan Herbivora

Terdapat banyak sekali kelompok hewan herbivora yang umumnya mereka hidup di daratan sehingga mudah untuk mencari makanannya. Berikut ini beberapa contoh hewan herbivora:

  • Sapi

Sapi merupakan salah satu contoh hewan yang mengandalkan tumbuh-tumbuhan seperti rumput dan dedaunan sebagai makanan pokoknya. Selain itu sapi juga memiliki banyak manfaat seperti daging, susu, hingga kotorannya yang bisa dimanfaatkan sebagai pupuk. Oleh karena itu, sapi dijadikan sebagai hewan ternak oleh manusia.

  • Kambing

Kambing juga termasuk hewan pemakan tumbuhan lainnya. Hewan berkaki empat ini juga banyak dijadikan sebagai hewan ternak. Banyak juga manfaat yang dapat diperoleh dari kambing seperti daging yang baik untuk di konsumsi. Pada jenis kambing tertentu juga dapat dimanfaatkan susunya karena memiliki nilai gizi tinggi.

  • Jerapah

Jerapah merupakan hewan berleher panjang yang juga mengandalkan dedauan sebagai makanan utamanya. Dengan leher yang panjang dapat memudahkan jerapah untuk memakan daun-daun yang berada di pohon yang tinggi.

Selain itu masih banyak lagi contoh hewan herbivora yang lain seperti gajah, kuda, rusa, kelinci. Hewan-hewan tersebut tidak memakan daging dan hanya memakan tumbuhan sebagai sumber energi untuk bertahan hidup.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here