Fakta Menarik Tentang Indonesia Di Mata Dunia

indonesia di mata dunia

Indonesia dengan berbagai macam ragam budaya, banyaknya suku bangsa, hasil alam, keindahan alam, keadaan geografisnya, warga negaranya dan kekayaan bahasanya membuatnya begitu berwarna. Keberagaman ini ternyata juga membuat Indonesia di mata dunia tampak menarik. Keberagaman yang ada tidaklah memecah belah Indonesia namun malah menambah persatuan dan persatuan. Untuk Anda yang penasaran tentang apa saja fakta yang dianggap menarik tentang Indonesia di mata bangsa asing, simaklah fakta-faktanya berikut ini.

Fakta menarik tentang Indonesia di mata dunia

1. Raflesia arnoldi merupakan bunga terbesar di dunia

Kita sebagai warga negara Indonesia pastinya tahu bahwa bunga raflesia arnoldi merupakan bunga yang berukuran sangat besar dan dinobatkan sebagai puspa langka di Indonesia. Ternyata bunga ini merupakan bunga paling besar di dunia.

2. Komodo adalah kadal terbesar di dunia

Komodo yang sekarang keberadaannya sudah hampir punah ini ternyata adalah jenis kadal terbesar yang ada di dunia. Sehingga tak heran banyak juga wisatawan mancanegara yang ingin melihatnya dan berkunjung langsung ke pulau komodo. Kita sebagai warga Indonesia yang baik sudah seharusnya menjaga kelestariannya agar dapat terus hidup dan tidak punah.

3. Jumlah penduduk muda di Indonesia paling besar di dunia

Indonesia termasuk salah satu negara dengan penduduk yang banyak. Faktanya, Indonesia juga memiliki jumlah penduduk muda yang sangat besar karena rata-rata penduduknya berusia dibawah 30 tahun. Oleh karena itu seharusnya Indonesia segera berbenah agar memiliki sumber daya manusia yang lebih baik. Ini dapat menjadi salah satu nilai plus Indonesia di mata dunia supaya tidak hanya unggul dalam kuantitas tetapi juga kualitas.

Baca: Masakan Tradisional Khas Jogjakarta Yang Melegenda

4. Garis pantai terpanjang

Indonesia terkenal sebagai negara maritim atau negara kelautan. Jadi tidak mengherankan bila negara kita memiliki garis pantai terpanjang di dunia yang mencapai 85.000 km. selain itu, Indonesia juga memiliki banyak kekayaan dan keindahan alam di dalam laut yang harus senantiasa dijaga. Karena itu adalah asset kita sekaligus daya tarik wisata terutama untuk menarik wisatawan asing.

5. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia

Seperti yang kita tahu, Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari banyak pulau-pulau kecil. Jumlahnya mencapai puluhan ribu dan tentu saja ini sangat menarik dan membuat orang asing merasa sangat takjub dengan keindahan Indonesia.

6. Freeport Indonesia merupakan tambang emas terbesar di dunia

Hal yang membanggakan dari Indonesia salah satunya adalah hasil alamnya. Ternyata Freeport Indonesia merupakan tambang emas terbesar yang ada di dunia. 51 persen sahamnya telah dimiliki oleh Pemerintah Indonesia melalui salah satu BUMN. BUMN tersebut adalah PT Inalum.

7. Danau toba merupakan danau terbesar di kawasan Asia Tenggara

Danau toba merupakan danau yang ukurannya sangat besar dan terletak di provinsi Sumatera Utara. Danau kebanggaan warga Indonesia ini ternyata adalah danau terbesar di kawasan Asia Tenggara. Yang lebih menakjubkan lagi karena adanya sebuah pulau di Indonesia yaitu Pulau Samosir yang berada di tengahnya.

8. Candi Borobudur merupakan candi terbesar di dunia

Di Indonesia terdapat candi yang bernama Borobudur yang merupakan peninggalan Dinasti Syailendra. Bangunan ini ternyata merupakan candi terbesar di dunia dan tak heran bila banyak wisatawan asing yang ingin mengunjunginya. Kekayaan budaya ini membuat Indonesia di mata dunia semakin menarik.

Ternyata ada banyak sekali fakta tentang negara kita yang membuat Indonesia di mata dunia terlihat menarik. Oleh karena itu, sudah selayaknya kita juga ikut serta berusaha merawat peninggalan budaya, kekayaan alam dan segala sesuatu yang ada di negara kita tercinta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here