Ini Jenis Bisnis UKM yang Menguntungkan

bisnis UKM

Usaha Kecil Menengah atau yang sering disebut sebagai UKM memiliki peranan yang penting bagi roda perekonomian Indonesia. Bahkan, bisa dibilang bahwa UKM menjadi tulang punggung perekonomian karena dapat membuka banyak lapangan kerja bagi masyarakat.

Di jaman sekarang ini, semakin banyak orang yang ingin terjun sebagai pengusaha menjalankan bisnis UKM. Banyak keuntungan yang akan didapatkan jika memiliki bisnis sendiri. Selain dapat berpotensi mendapatkan penghasilan yang besar, seorang pengusaha dapat memiliki waktu yang fleksibel.

Beberapa Bisnis UKM yang Menguntungkan

Apabila Anda tertarik menjadi seorang pengusaha dan masih bingung ingin menjalankan jenis usaha apa, berikut ini ada jenis Usaha Kecil Menengah yang memiliki peluang cukup bagus. Apa saja itu?

1. Usaha di bidang kuliner

Usaha kuliner menjadi usaha yang paling populer. Bisnis ini tak lekang oleh waktu. Hampir semua orang membutuhkan makanan. Anda bisa terjun menekuni bisnis kuliner terlebih jika memiliki keahlian memasak. Ada berbagai jenis makanan yang bisa dipilih seperti usaha makanan camilan, makanan utama, ataupun minuman. Banyak UKM di bidang kuliner yang telah sukses. Seperti misalnya adalah bisnis angkringan Nasi Kucing 78 di Jogjakarta. Angkringan ini menawarkan sistem waralaba. Hingga kini, sudah banyak mitra yang bekerja sama dengan Bapak Bayu, sang pemilik angkringan nasi kucing ini.

2. Usaha di bidang Fashion

Jenis UKM yang tak kalah menarik ialah usaha di bidang fashion. Fashion menjadi kebutuhan sekunder yang diperlukan oleh banyak orang, baik pria maupun wanita. Jenis fashion pun bermacam-macam mulai dari baju muslim, pakaian pria, pakaian anak, dan lain sebagainya. Jika Anda tertarik menjalaninya, Anda bisa menentukan satu jenis fashion yang ingin ditekuni. Jangan lupa untuk fokus agar hasilnya maksimal.

3. Usaha di bidang Pendidikan

Membuka usaha di bidang pendidikan cukup menggiurkan. Semakin banyak orang yang sadar bahwa pendidikan itu penting untuk meraih cita-cita di masa depan. Banyak siswa yang membutuhkan jam pelajaran tambahan di luar sekolah. Hal tersebut bisa menjadi peluang untuk membuka tempat les.

Jika Anda memiliki kemampuan mengajar yang baik, mendirikan bimbingan belajar menjadi ide yang cemerlang. Kalaupun Anda belum yakin dengan kemampuan mengajar Anda, Anda bisa melakukan pelatihan terlebih dahulu. Sekarang ini ada banyak bimbingan belajar yang membuka sistem kemitraan. Pilihlah yang memberikan pelatihan guru.

4. Usaha di bidang Otomotif

Usaha Kecil Menengah di bidang otomotif memiliki prospek yang bagus. Pasalnya, sekarang ini jumlah sepeda motor semakin banyak. Hal tersebut membuat semakin banyak orang membutuhkan jasa di bidang otomotif seperti bengkel, tempat cuci motor, tempat cuci helm, toko sparepart, dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkan potensi ini untuk meraup keuntungan.

5. Usaha di bidang Agribisnis

Ide membuka usaha di bidang agribisnis cukup bagus. Indonesia terkenal sebagai penghasil bahan pangan. Tak sedikit bisnis UKM bidang agribisnis yang telah sukses menjalankan usahanya. Bahkan, para pelaku usaha tersebut telah mengekspor bahan-bahan makanan ke luar negeri.

6. Usaha di bidang teknologi internet

Kemajuan di bidang internet membawa berkah tersendiri. Tidak hanya bermanfaat untuk memberikan informasi secara cepat, namun internet juga bisa dijadikan sebagai media untuk mendapatkan penghasilan. Ada banyak peluang usaha yang bisa didapatkan dari internet seperti menjadi blogger, youtuber, maupun vlogger. Banyak pengusaha sukses UKM yang jualan online.

Itulah beragam jenis bisnis UKM yang bisa dijadikan sebagai referensi. Anda bisa memulai sebuah usaha berdasarkan dengan keahlian dan keinginan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here