Jenis Jenis Media Promosi dan Contohnya

jenis media promosi

Dalam bidang penjualan baik barang maupun jasa perlu adanya kegiatan promosi. Promosi dilakukan untuk memasarkan produk atau jasa yang dimiliki kepada orang lain agar dikenal oleh masyarakat luas dan tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa tersebut. Kegiatan promosi dapat dilakukan secara langsung maupun melalui media promosi. Media promosi adalah sarana yang digunakan untuk menunjang kegiatan promosi atau pengenalan produk maupun jasa kepada masyarakat luas. Oleh karena itu, terdapat beberapa jenis media promosi yang sering digunakan untuk memasarkan suatu produk.

Tujuan Promosi

  1. Mengenalkan atau menawarkan produk kepada calon konsumen
  2. Mendapatkan konsumen baru dan menjaga loyalitas konsumen tersebut
  3. Untuk meningkatkan angka penjualan
  4. Untuk mempengaruhi pendapat konsumen mengenai produk yang ditawarkan
  5. Untuk mengunggulkan produknya dibandingkan dengan produk dari pesaing

Jenis Jenis Media Promosi

Promosi dapat dilakukan melalui media cetak dan elektronik. Promosi melalui media cetak contohnya seperti brosur, poster, dan banner. Sedangkan promosi melalui media elektronik yaitu internet, televisi, dan radio.

Brosur

Brosur merupakan media untuk memberikan informasi produk yang ditawarkan kepada calon konsumen. Brosur memiliki bentuk yang simple karena biasanya hanya terdiri dari satu lembar saja kemudian dilipat menjadi tiga. Brosur dibuat semenarik mungkin untuk menarik perhatian publik. Sehingga biaya yang dibutuhkan untuk pembuatan brosur juga relatif murah.

Poster

Poster dibuat sebagai media promosi dengan memadukan antara gambar dan tulisan yang memuat informasi produk yang ditawarkan. Poster dipasang di tempat yang ramai dan strategis agar mudah dilihat oleh publik.

Banner

Banner atau spanduk adalah media promosi untuk mengenalkan produk yang dicetak menggunakan print digital yang berbentuk portrait atau vertikal. Biasanya banner dicetak dalam ukuran besar dan di pasang pada tempat-tempat yang mudah dilihat orang.

Internet

Hadirnya berbagai media sosial yang didukung dengan kekuatan internet dapat mempermudah melakukan promosi. Promosi melalui media online dapat dilakukan dengan menggunakan facebook, Instagram, whatsapp, youtube, twitter, blog, dan sebagainya. Penggunaan internet sebagai media promosi memiliki berbagai keunggulan dibandingkan dengan media lainnya, yaitu dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, biayanya lebih murah, serta jangkauan yang lebih luas dan tidak terbatas. Sehingga dengan menggunakan media internet berpotensi mendukung keberhasilan promosi suatu produk atau jasa.

Televisi

Televisi merupakan media yang dapat menjangkau masyarakat luas sehingg sangat efektif untuk digunakan sebagai media promosi. Mengiklankan produk melalui televisi dapat dilihat secara langsung bagaimana produk digunakan dan dimanfaatkan oleh pemeran iklan. Namun, televisi juga mempunyai kekurangan dalam mengiklankan produk, antara lain biaya yang dibutuhkan mahal, pemirsa suka menghindari iklan.

Radio

Radio juga termasuk media promosi yang efektif. Biaya yang dibutuhkan relatif rendah namun penyampaian iklan dapat diterima oleh siapa saja, menjangkau wilayah yang cukup luas, serta siaran radio dapat diterima dan di dengar di areal tanpa listrik. Namun, terdapat juga kekurangan dari media promosi radio yaitu tidak dapat menampilkan gambar, waktunya terbatas, dan sulit untuk menyampaikan informasi yang kompleks.

Promosi sangat penting bagi perkembangan dan kesuksesan suatu usaha. Hal tersebut dipengaruhi oleh media promosi yang tepat sehingga berdampak baik pada hasil yang diperoleh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here