10 Jenis Kucing Paling Populer di Dunia

jenis kucing

Kucing merupakan hewan peliharaan yang menggemaskan. Perilakunya yang menyenangkan membuat banyak orang ingin memeliharanya. Terlebih lagi, bulunya yang indah membuat orang semakin menyukainya. Kalau Anda ingin memeliharan kucing, sebaiknya ketahui beberapa jenis kucing berikut ini sehingga Anda bisa memilih mana yang Anda suka.

1. Kucing Persia

Kucing Persia memiliki ciri khas hidung pesek, wajah bulat dan bulu-bulu yang panjang. Kucing ini terlihat imut dan lucu. Tak heran jika banyak orang yang menyukainya. Bahkan, jenis ini termasuk kucing paling populer di dunia. Untuk memelihara kucing ini, diperlukan biaya yang lumayan tinggi untuk makanan dan perawatannya. Makanan kucing ini adalah makanan kering dan basah yang bisa didapatkan di petshop.

2. Kucing Siam

Kucing Siam berasal dari Asia Tenggara. Ciri-ciri kucing ini yaitu tubuh ramping dan tampak berotot. Kepalanya berbentuk segitiga dan hidungnya tipis. Bulunya pendek, lembut dan berkilau. Perilakunya menggemaskan karena ingin disayang. Dia akan mengeong dengan lembut sebagai tanda ingin meminta perhatian. Apabila diabaikan, kucing Siam akan berisik dan menangis. Kucing ini sangat senang dibelai oleh majikannya.

3. Kucing Angora

Kucing Angora memiliki bentuk hidung yang mancung. Badannya semampai sehingg terlihat anggun. Asal kucing Angora dari negara Turki. Nama “Angora” sendiri berasal dari sebuah kota di negara ini yaitu Angkara. Kucing ini termasuk kucing mahal karena harganya mencapai 15.000 dollar apabila kualitasnya bagus.

Baca: Cara Membuat Mainan Anak dari Botol Bekas

4. Kucing Abyssinian

Menurut berbagai sumber, kucing Abussinian merupakan hewan yang berasal dari Mesir. Kucing ini sangat cerdas. Kucing ini memiliki rasa ingin tahu yang besar. Apapun yang dilakukan oleh majikannya, dia ingin tahu. Kucing Abyssian sangat senang berada dekat dengan majikannya.

Ciri fisik kucing Abyssinian adalah memiliki ukuran tubuh langsing dan anggun. Bulu-bulunya pendek. Kucing ini memiliki kaki yang panjang sehingga ketika berjalan terlihat anggun. Kepalanya berbentuk segitiga. Lalu, karakteristik yang mencolok adalah bulunya memiliki corak bintik-bintik sehingga banyak yang menyebutnya Ticket Agouti.

5. Kucing Sphynx

Kucing Sphynx lain dari jenis-jenis kucing lainnya. Bentuk fisiknya terlihat sangat. Namun, karakteristiknya sangat lembut dan selalu ingin disayang oleh majikannya. Kucing ini mudah dekat dengan manusia dan hewan lain, bahkan anjing sekalipun. Kucing ini memiliki perilaku yang sangat aktif. Dia sangat suka bermain. Namun, kucing ini tidak boleh terkena sinar matahari terlalu lama. Harga kucing ini sangat mahal. Jadi, kalau Anda ingin memilikinya, siapkan dulu budgetnya ya.

6. Kucing Savannah

Kucing Savannah memiliki ukuran tubuh yang besar. bahkan, kucing ini dinobatkan sebagai kucing terpanjang di dunia oleh Guinness World Records. Panjang tubuhnya dapat mencapai 17,1 inchi atau 44 cm. Kucing Savannah tak hanya bertubuh bongsor saja, melainkan memiliki kecerdasan otak yang tinggi. Kucing ini mampu membuka lemari sendiri. Jika kebanyakan kuncing takut air, berbeda dengan kucing Savannah. Kucing ini senang bermain air seperti membenamkan diri di dalam air.

7. Kucing Garfield

Ciri-ciri kucing Garfield hampir sama dengan kucing Persia. Hal yang membedakan ialah bentuk tubuh kucing Garfield lebih pendek. Kucing Garfield memiliki hidung pesek, mata besar bulat, dahi lebar dan bulu yang pendek.

8. Kucing Manx

Kucing Max memiliki ciri dengan bentuk tubuh yang unik. Ekor kucing ini lebih pendek dibandingkan jenis kucing lainnya. Lalu, kucing Manx memiliki kaki belakang yang lebih panjang dibandingkan kaki depannya. Kucing ini memiliki jenis warna beranekaragam. Kucing Manx berbulu putih kini sudah jarang.

Ada beragam jenis kucing yang memiliki keunikan tersendiri. Anda pilih yang mana?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here