Kebun Raya dan Kebun Binatang di Indonesia

perlindungan hewan dari kepunahan

Beragam spesies tumbuhan dan hewan di Indonesia harus dijaga kelestariannya agar tidak terjadi penurunan populasi bahkan kepunahan. Keanekaragaman tersebut menjadi salah satu kebanggaan dan kekayaan negara Indonesia. Tumbuhan dan hewan memiliki berbagai manfaat bagi lingkungan dan manusia. Sehingga penggunaannya tidak boleh berlebihan agar kelestariannya tetap terjaga. Selain itu, untuk melindungi berbagai spesies tumbuhan dan hewan dapat dilakukan dengan membuat Kebun Raya dan Kebun Binatang di Indonesia.

Perbedaan Kebun Raya dan Kebun Binatang

Kebun raya adalah tempat pelestarian bagi tumbuhan yang dilakukan di luar habitat aslinya. Terdapat beragam jenis flora dan tumbuhan langka yang dilakukan pemeliharaan dan penangkaran di kawasan kebun raya. Hal ini bertujuan sebagai upaya perlindungan dan pelestarian tumbuhan serta dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, penelitian, rekreasi dan pariwisata.

Kebun binatang adalah tempat pelestarian bagi berbagai jenis hewan dan sebagai tempat konservasi secara ex situ atau di luar habitat aslinya. Beragam spesies hewan dari berbagai daerah dapat dilakukan perlindungan dan perkembangbiakan di kebun binatang. Sama halnya dengan kebun raya, kebun binatang juga dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, penelitian, rekreasi dan pariwisata. Namun, tujuan utama kebun binatang yaitu sebagai tempat konservasi hewan yang habitatnya mengalami kerusakan dan terancam punah.

Contoh Kebun Raya di Indonesia

1. Kebun Raya Bogor

Sesuai dengan namanya, Kebun Raya Bogor terletak di Kota Bogor, Jawa Barat. Kebun raya Bogor merupakan kawasan konservasi yang memiliki wilayah yang luas dengan ribuan jenis pepohonan dan tumbuhan yang hidup di dalamnya. Selain itu, kawasan ini juga dapat difungsikan sebagai tempat penelitian, pendidikan dan rekreasi. Berbagai tumbuhan langka yang dilindungi di Kebun Raya Bogor diantaranya yaitu Bunga Bangkai, Pohon Leci, Bunga Lily Jawa, dan berbagai spesies tanaman anggrek.

2. Kebun Raya Bali

Kebun Raya Bali terletak di Kabupaten Tabanan, Bali. Kebun Raya Bali juga merupakan kawasan konservasi tumbuhan dengan wilayah yang sangat luas serta difungsikan juga sebagai tempat penelitian, pembelajaran, dan rekreasi. Terdapat ribuan jenis tumbuhan yang berada di Kebun Raya Bali yaitu beragam jenis pepohonan seperti pohon majegau, tanaman anggrek, bambu, tanaman paku, tanaman obat, tanaman untuk upacara adat, dan jenis begonia.

3. Kebun Raya Baturaden

Kebun Raya Baturaden terletak di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kebun Raya Baturaden sebagai tempat pelestarian dan perlindungan tumbuhan yang dapat dimanfaatkan juga sebagai sarana pengembangan ilmu pengetahuan dan rekreasi. Seperti kebun raya yang lain, kebun raya ini sebagai konservasi berbagai spesies tumbuhan, contohnya pohon damar, kaliandra, mahoni, paku-pakuan, jenis tanaman anggrek, dan kantong semar.

Contoh Kebun Binatang di Indonesia

1. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang pertama di Indonesia yang saat ini terletak di Jakarta Selatan. Kebun Binatang ini sebagai tempat konservasi hewan secara ex situ dan sebagai tempat rekreasi, edukasi, dan penelitian. Terdapat berbagai spesies hewan baik lokal maupun hewan yang didatangkan dari berbagai negara seperti Kanguru Australia, Unta Arab, dan Ikan Arapaima Brazil. Selain itu terdapat juga beragam spesies hewan lokal seperti Harimau Sumatera, Bekantan, Banteng Jawa, Gajah Sumatera, Komodo, dan sebagainya.

2. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kawasan tersebut menjadi tempat konservasi hewan dan sarana pendidikan serta rekreasi. Beragam jenis hewan reptilia, mamalia, amfibia, aves, dan pisces ada di Kebun Binatang Gembira Loka. Contohnya berbagai jenis biawak, buaya, beruang madu, Lutung Jawa, Kuda Nil, jenis-jenis katak, burung hantu, dan ikan Arapaima.

3. Taman Safari Indonesia

Taman Safari Indonesia terbagi menjadi tiga yaitu Taman Safari Indonesia 1 di Bogor, Jawa Barat, Taman Safari Indonesia 2 di Jawa Timur, dan Taman Safari Indonesia 3 atau Bali Safari & Marine Park (BSMP) di Pulau Bali. Beragam spesies hewan dari berbagai daerah dapat di temukan di kawasan tersebut. Contohnya hewan Panda dari Tiongkok di Taman Safari Bogor. Selain itu terdapat juga beberapa satwa langka seperti harimau benggala, singa, gajah, jerapah, komodo, orang utan, dan anoa.

Dengan adanya kebun raya dan kebun binatang di Indonesia akan membantu upaya perlindungan dan pelestarian alam secara ex situ yang dapat difungsikan juga sebagai sarana pendidikan dan rekreasi bagi masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here