7 Kekurangan Diet Mayo Yang Harus Anda Ketahui

kekurangan diet mayo

Banyak orang yang mengalami obesitas dan ingin mengurangi berat badannya dengan mencoba berbagai macam diet. Salah satu diet tersebut adalah diet mayo. Diet ini dijalani selama 13 hari dengan menu yang sudah ditentukan dan dapat menurunkan berat sebanyak 8 kilogram. Tentu saja hal ini akan sangat menarik bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil dalam waktu sangat singkat dan tidak memerlukan banyak usaha.

Mungkin Anda masih bertanya-tanya apa itu diet mayo, bagaimana cara menjalankannya, apa saja pantangannya serta dampaknya bagi tubuh. Ciri khasnya adalah mengkonsumsi makanan yang tidak mengandung garam dan memangkas banyak kebutuhan kalori Anda sehingga terjadi defisit kalori yang sangat banyak. Jadi tidak mengherankan bila berat Anda akan turun cepat namun dapat meninggalkan efek yoyo. Setiap diet pasti memiliki kekurangan atau kelebihannya masing-masing, jadi ketahuilah kekurangannya untuk dijadikan pertimbangan agar tidak menyesal.

Kekurangan Diet Mayo

1. Membuat kadar gula darah naik

Di dalam diet ini, Anda dianjurkan mengkonsumsi jenis buah dan sayur. Hal ini adalah sesuatu yang baik, namun yang menjadikannya buruk adalah konsumsi yang berlebihan akan memungkinkan adanya kenaikan kadar gula darah di dalam tubuh.

2. Dehidrasi

Anda wajib untuk mengurangi makanan dengan kandungan garam. Hal tersebut akan membuat Anda kekurangan kadar air karena garam berfungsi mengikat air yang ada di dalam tubuh. Bila hal ini terjadi terus menerus, tentu saja tubuh Anda akan dehidrasi. Belum banyak orang yang tahu bila yang membuat berat badan tubuh berkurang dengan cepat saat diet mayo adalah karena massa air yang hilang.

3. Kelelahan

Karena kalori yang masuk ke dalam tubuh hanya sedikit, otomatis energy dalam tubuh juga berkurang. Selain itu Anda juga rentan terkena dehidrasi sehingga akan menyebabkan tubuh menjadi kelelahan. Bila Anda mengalami hal ini, jangan disepelekan dan dibiarkan begitu saja. Segeralah berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan jenis diet yang cocok dan aman bagi tubuh Anda.

4. Mudah mengantuk

Dalam keadaan tubuh yang kekurangan garam dan membuat cairan di tubuh berkurang dengan cepat, Anda akan lebih sering mengantuk. Hal ini tentu saja akan mengganggu aktivitas Anda apalagi bila Anda harus bekerja dengan mengemudikan kendaraan. Tentu saja hal ini sangat berbahaya. Jangan menganggap sepele hal ini karena ini adalah salah satu sinyal dari tubuh Anda yang merasa kekurangan nutrisi.

Baca: Cara Diet OCD Yang Benar Untuk Turunkan Berat Badan

5. Mudah depresi

Rasa lelah secara berlebihan akan cenderung membuat Anda mengalami depresi dan kesulitan mengontrol emosi. Selain itu naiknya kadar gula darah juga membuat Anda darah tinggi.

6. Fungsi ginjal terganggu

Efek mengerikan yang lainnya adalah terganggunya fungsi ginjal karena Anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi garam dan gula. Banyaknya asupan protein yang masuk ke dalam tubuh akan mengganggu kinerja ginjal sehingga tidak bisa mengolah protein dengan baik.

7. Kadar kolesterol naik

Diet ini membuat peluang kadar kolesterol naik dengan lebih cepat karena Anda tidak mengkonsumsi makanan sehat dengan seimbang. Selain itu Anda akan cenderung memiliki pola piker bahwa Anda akan mendapatkan berat badan yang berkurang banyak dalam waktu yang singkat tanpa harus berolahraga. Hal ini sangat buruk dampaknya karena lemak tidak dapat terbakar secara maksimal.

Setelah mengetahui beberapa kekurangan dari diet mayo di atas, silahkan Anda pertimbangkan sendiri apakah mau melakukannya ataupun tidak. Semua keputusan berada di tangan Anda karena Anda yang lebih mengenal diri Anda sendiri. Namun yang perlu Anda ingat, diet yang sehat adalah diet yang bisa Anda jalani seumur hidup dan menjadi gaya hidup. Tentu saja dengan sesuatu yang aman dan tidak membahayakan bagi tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here