Kelebihan Bank Syariah yang Belum Banyak Orang Tahu

kelebihan bank syariah
sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Bank_Muamalat.JPG

Dalam dunia perbankan, dikenal ada bank syariah dan bank konvensional. Bank konvensional lebih akrab dikenal oleh masyarakat dibandingkan bank syariah. Padahal, bank syariah juga memiliki beberapa kelebihan yang tak kalah menarik. Banyak yang belum mengetahui akan keunggulan yang dimiliki oleh bank syariah. Apa saja itu?

Sebelumnya, perlu Anda ketahui tentang perbedaan antara bank syariah dan bank konvensional. Sesuai namanya, bank syariah dijalankan dengan berpegang teguh pada prinsip syariah islam. Jadi segala aktivitas yang dilakukan menggunakan hukum Islam yang terdapat pada Al-Qur’an dan Hadist. Sedangkan bank konvensional merupakan bank yang berjalan dengan sistem konvensional yang mana terdapat jasa pada proses pembayaran.

Apa saja Keunggulan Bank Syariah?

Bank syariah masih belum terlalu dikenal oleh masyarakat jika dibandingkan dengan bank konvensional. Padahal, bank syariah memiliki beberapa keunggulan yang sangat menguntungkan nasabah. Berikut ini keunggulan bank syariah yang perlu Anda tahu.

1. Memiliki manajemen finansial yang lebih aman

Bank syariah memberikan jaminan yang lebih aman. Hal ini menjadi salah satu kelebihan bank syariah. Pada tragedi finansial kredit subprima tahun 2007 lalu, bank syariah tidak terkena imbasnya. Di kala bank konvensional banyak yang bangkrut, justru bank syariah semakin berkembang.

2. Membantu orang yang membutuhkan

Bank syariah menggunakan sistem syariah islam yang mana memberikan bantuan kepada pihak kurang mampu dalam hal finansial. Bank syariah menjalankan program zakat dengan cara memberikan 2,5 % keuntungan kepada orang yang membutuhkan. Sistem ini tentu tidak ada pada bank konvensional. Kalau Anda menabung di bank syariah, secara tidak langsung Anda ikut berperan dalam pemberian zakat kepada orang-orang yang membutuhkan.

3. Memberikan fasilitas yang lengkap seperti bank konvensional

Belum banyak orang yang tahu jika fasilitas yang diberikan oleh bank syariah juga lengkap seperti bank konvensional. Hal tersebut karena masyarakat belum terlalu familiar.

Di jaman modern ini, bank syariah mengadakan fasilitas yang lengkap. Mulai dari kredit rumah, tabungan, deposito ataupun yang lainnya. Jadi, fasilitas yang ada pada bank konvensional bisa Anda temukan pada bank syariah.

Baca : 4 Cara Memperoleh Kredit Yang Lebih Murah

4. Halal

Keuntungan apabila melakukan kredit di bank syariah ialah 100% halal karena tidak ada bunga atau riba. Bank syariah menggunakan sistem bagi hasil berdasarkan hukum syariah islam. Selain itu, bank syariah juga mewajibkan kepada para nasabah yang mengajukan kredit, untuk menggunakan dana tersebut untuk kegiatan atau bisnis yang halal. Meski aturan yang dipakai seperti ini, bank syariah juga memberikan kesempatan kepada nasabah non muslim untuk menabung ataupun melakukan pinjaman kredit.

5. Nasabah Dapat Berkontribusi Secara Langsung

Berbeda dengan bank konvensional di mana suku bunga ditentukan oleh bank itu sendiri ataupun berdasarkan ketentuan Bank Indonesia. Kelebihan Bank Syariah bisa menentukan sendiri besarnya nisbah atau bunga simpanan berdasarkan perkembangan keuangan sebuah perusahaan. Dalam hal ini, nasabah berkedudukan sebagai pemegang saham.

Cara bank syariah dalam menentukan bunga simpanan menguntungkan. Apabila Anda menjadi nasabah yang meminjam uang, maka Anda dapat berperan langsung dalam memeperkuat perkembangan bank. Pihak bank akan mendapatkan keuntungan berdasarkan bagi hasil. Apabila bisnis Anda berkembang, maka semakin besar keuntungan yang akan didapatkan oleh bank. Pada hakikatnya, prinsip bank syariah tidak mengambil keuntungan sepihak.

Saat ini, bank syariah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Masyarakat sedikit demi sedikit mulai mengenal bahwa bank syariah memberikan keunggulan yang cukup menarik. Bagaimana dengan Anda? Apakah tertarik menabung di bank syariah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here