Konduksi Konveksi Radiasi dan Contohnya

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia membutuhkan energi untuk melakukan berbagai aktivitas. Salah satunya yaitu energi panas. Energi panas dapat diperoleh dari sinar matahari yang merupakan sumber utama panas di bumi. Selain itu, terdapat beberapa sumber energi panas yang sering dimanfaatkan manusia yaitu api dan listrik. Energi panas tersebut dapat melakukan perpindahan dengan cara konduksi konveksi radiasi.

Perpindahan panas adalah suatu energi panas yang berpindah atau mengalir dari daerah dengan suhu yang tinggi menuju daerah yang bersuhu lebih rendah. Panas dapat berpindah jika terdapat perbedaan suhu. Perpindahan panas dapat dilakukan dengan menggunakan perantara benda-benda yang dapat menghantarkan panas maupun tanpa perantara benda.

Perpindahan Panas secara Konduksi Konveksi Radiasi

Perpindahan panas dapat dilakukan melalui tiga cara, yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi. Masing-masing cara memiliki proses perpindahan yang berbeda-beda.

Contoh Konduksi

sumber: maslatip.com

Konduksi atau hantaran adalah perpindahan panas dengan menggunakan suatu zat perantara namun tidak disertai perpindahan zat perantara tersebut. Perantara pada perpindahan secara konduksi biasanya menggunakan benda padat yang terbuat dari logam. Contoh konduksi yaitu ketika memasak menggunakan panci maka tutup panci juga akan terasa panas.

Contoh Konveksi

sumber: maslatip.com

Konveksi atau aliran adalah peristiwa perpindahan panas dengan disertai pergerakan molekul-molekul zat perantaranya untuk mengalirkan panas. Perpindahan panas secara konveksi terjadi pada zat cair dan gas. Contoh konveksi adalah merebus air pada panci. Air di bagian bawah akan lebih cepat panas karena lebih dekat dengan nyala api sehingga massa jenisnya berkurang dan bergerak naik. Kemudian air yang berada di atas yang masih dingin akan bergerak turun karena massa jenisnya lebih besar.

Contoh Radiasi

sumber: maslatip.com

Radiasi atau pancaran adalah peristiwa perpindahan panas tanpa melalui suatu perantara. Contoh radiasi yaitu pakaian yang dijemur langsung di bawah sinar matahari akan menjadi kering. Selain itu, saat tubuh berada di dekat api unggun maka tubuh akan terasa hangat.

Perpindahan panas baik secara konduksi, konveksi, dan radiasi memiliki manfaat bagi manusia. Perpindahan panas terjadi jika terdapat dua benda atau lebih yang memiliki perbedaan suhu dan saling bersentuhan atau berdekatan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here