Macam-Macam Cara Membaca : Nyaring, Dalam Hati

macam-macam cara membaca

Membaca merupakan kegiatan yang sering dilakukan untuk mendapatkan informasi maupun kesenangan. Dengan membaca, kita dapat mengetahui berbagai peristiwa, menambah wawasan dan pengetahuan, perkembangan teknologi, dan sebagainya.  Macam-macam cara membaca dilihat dari segi penggunaan suara atau tidaknya terdiri dari membaca nyaring dan membaca dalam hati.

Macam-Macam Cara Membaca

Berdasarkan segi terdengar atau tidaknya suara ketika membaca, proses membaca dibedakan menjadi dua yaitu membaca nyaring dan membaca dalam hati. Kemudian membaca dalam hati terbagi lagi menjadi dua macam yaitu membaca intensif dan ekstensif.

Membaca nyaring

Membaca nyaring dapat digunakan ketika membaca teks bukan untuk diri sendiri, melainkan untuk orang lain. Dalam proses membaca nyaring, terlebih dahulu pembaca harus memahami makna dan perasaan yang terkandung dalam teks. Pada saat menyampaikan teks tersebut pembaca harus menyuarakan dengan ucapan dan intonasi yang tepat agar pendengar mudah menerima atau memahami isi bacaan yang disampaikan.

Membaca dalam hati

Membaca dalam hati merupakan teknik membaca tanpa mengeluarkan suara. Membaca dalam hati mampu lebih cepat memahami isi bacaan dibandingkan dengan membaca nyaring. Oleh karena itu, pembaca harus memiliki keterampilan membaca dalam hati yang benar yaitu tidak berbisik atau bergumam, tanpa ada pergerakan bibir dan kepala, serta tidak menggunakan jari atau alat lain sebagai penunjuk. Karena hal tersebut dapat menghambat kecepatan dalam membaca.

Membaca memindai

Membaca memindai disebut juga membaca scanning. Teknik membaca memindai termasuk salah satu jenis membaca ekstensif atau teknik membaca secara menyeluruh dalam waktu yang singkat. Membaca memindai dilakukan untuk memperoleh informasi yang diinginkan dengan cepat dan tepat. Sehingga dalam membacanya langsung pada topik yang dicari tanpa membaca yang lain. Membaca memindai dapat digunakan ketika mencari nomor telepon, mencari arti kata pada kamus, dan mencari informasi di ensiklopedia.

Membaca intensif

Membaca intensif merupakan teknik membaca yang dilakukan secara cermat terhadap teks yang dibaca. Membaca intensif digunakan untuk mencari informasi secara detail sebagai bahan diskusi atau menentukan pokok persoalan atau perihal yang menarik untuk dijadikan bahan diskusi.

Membaca teks bacaan dengan cara yang tepat akan mempermudah menemukan informasi yang dibutuhkan. Sehingga teknik membaca yang digunakan harus disesuaikan dengan tujuan membaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here