5 Masakan Tradisional Khas Jogjakarta Yang Melegenda

masakan tradisional khas jogjakarta

Berkunjung ke Jogjakarta terasa belum sempurna bila Anda belum mencoba masakan tradisional yang ada di kota ini. Di Jogjakarta ada banyak sekali masakan yang dapat Anda nikmati dengan cita rasa khas yang tidak akan terlupakan. Jangan takut untuk berwisata kuliner karena takut dengan harga yang mahal karena Jogja adalah surganya kuliner yang nikmat dengan harga yang ramah di kantong. Nikmatilah semua wisata alam, budaya dan kuliner Jogja sehingga Anda pulang ke kota asal dengan sejuta kenangan tak terlupakan.

Masakan tradisional khas Jogjakarta

1. Gudeg

Makanan ini sudah tidak asing lagi dan telah menjadi salah satu icon Kota Jogjakarta yang dikenal juga sebagai kota gudeg. Masakan tradisional ini terbuat dari nangka muda yang diolah menjadi sayur dan disajikan dengan tambahan sambal goreng krecek, ayam, telur, tempe atau tahu. Cita rasanya yang khas dengan rasa manis yang dominan terasa sempurna disantap dengan nasi pulen.

Anda dapat mencoba gudeg ini dengan harga yang cukup terjangkau yaitu sekitar 7.000 hingga 25.000 tergantung dari lauk apa saja yang Anda inginkan. Ada banyak warung gudeg yang ada di Jogjakarta dan sangat direkomendasikan. Beberapa warung tersebut adalah gudeg Yu Djum, gudeg pawon, gudeg tugu dan lain sebagainya.

2. Bakmi jawa goreng

Bakmi mungkin adalah makanan yang biasa dijumpai dimana saja. Namun tidak ada salahnya bila Anda mencoba salah satu bakmi yang melegenda di Jogjakarta yang sangat direkomendasikan. Beberapa bakmi itu adalah bakmi Mbah Mo, Bakmi Kadin, Bakmi Pele dan lain sebagainya. Harganya cukup terjangkau yaitu 15.000 per porsinya.

3. Sate klathak

Untuk Anda penggemar olahan daging kambing, jangan lewatkan mencoba kuliner sate klathak yang terkenal ini. Sate ini dibakar dengan menggunakan jeruji besi diatas bara api dan agar dagingnya matang dengan sempurna. Sate ini hanya dibumbui dengan garam saja dan yang membuat nikmat adalah karena disantap dengan kuah gulai. Sate klathak yang terkenal adalah sate klathak Pak Pong, sate klathak Pak Jede dan sate klathak pasar jejeran. Harganya berkisar antara 12.000 hingga 30.000.

Baca juga: Cara Mudah Mengurus Sertifikat Tanah Hasil Jual Beli

4. Nasi kucing

Rasanya belum afdol bila Anda berkunjung ke Jogja namun belum mencoba kuliner nasi kucing yang merakyat ini. Nasi kucing ini sebenarnya hanyalah nasi putih biasa dengan lauk kering tempe atau sambel teri. Orang-orang menyebutnya sebagai nasi kucing karena porsinya yang sedikit dan habis dalam beberapa suapan saja.

Kuliner ini adalah salah satu makanan yang sering menjadi santapan para mahasiswa yang ingin berhemat karena uang saku yang pas-pasan. Untuk Anda yang ingin mencoba nasi kucing ini, Anda dapat menemukannya hampir di setiap jalan di Jogjakarta. Namun yang paling terkenal adalah angkringan KR, angkringan Lek Man, angkringan bon bin dan lain-lain. Untuk sebungkus nasi kucing harganya berkisar antara 1.000 hingga 3.000 saja.

5. Oseng mercon

Bila Anda penggemar masakan tradisional dengan cita rasa pedas, jangan lewatkan mencoba kuliner oseng mercon ini. Masakan ini adalah olahan dari daging sapi, kikil dan cabe yang banyak sehingga rasanya pedas meledak-ledak seperti mercon. Cobalah oseng mercon yang terkenal di Jogja seperti oseng mercon Bu Narti. Harganya lumayan terjangkau yaitu berkisar 10.000 hingga 15.000.

Tunggu apa lagi? Segeralah sempurnakan kunjungan Anda ke Jogja dengan mencoba masakan tradisional yang ada. Selain beberapa masakan yang sudah disebutkan, masih ada banyak lagi yang dapat Anda nikmati. Semuanya memiliki cita rasa khas yang akan membuat Anda memiliki pengalaman baru untuk diceritakan ke teman dan juga keluarga. Selamat berwisata kuliner.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here