Cara Mudah dan Murah Memulai Bisnis Properti Bagi Pemula

memulai bisnis properti

Jika mencari bisnis apa yang selalu menguntungkan, maka jawabannya adalah bisnis properti. Kenapa? Karena jelas properti termasuk salah satu kebutuhan primer manusia. Namun, untuk terjun ke dalam bisnis ini perlu mental yang kuat. Apalagi jika modal yang Anda miliki tidak banyak, sehingga Anda harus benar-benar cerdas.

Tips Memulai Bisnis Properti Bagi Pemula

Bagi pemula yang ingin terjun ke bisnis properti, apalagi yang berangkat dari modal yang tipis, Anda perlu menerapkan beberapa tips berikut ini agar lancar, sukses dan menguntungkan;

1. Dimulai dari lingkungan sekitar Anda

Memulai bisnis properti dapat dimulai dari nol, yaitu dari lingkungan tempat tinggal Anda. Analisa apakah di lingkungan sekitar tempat tinggal Anda ada warga yang ingin membeli atau menjual rumah atau tidak. Jika ada yang sedang mencari rumah, Anda dapat menanyakan secara rinci, seperti lokasi yang diinginkan, ukuran dan lain sebagainya. Sebaliknya, jika ada orang yang ingin menjual rumah, Anda dapat menawarkan diri sebagai agen perantara untuk menjualkannya dengan sistem komisi.

2. Bersahabatlah dengan iklan

Properti dibutuhkan semua orang, sehingga wajar jika keberadaan iklan properti juga sangat dibutuhkan. Anda dapat memanfaatkan rubik iklan-iklan properti yang ada, baik iklan secara online maupun offline (Koran atau papan iklan di jalan). Anda dapat ikut memasarkan properti yang diiklankan tersebut kepada orang yang Anda kenal dan membutuhkan. Saat memasang harga, tambahkan sedikit harga lebih tinggi dari harga yang tercantum diiklan tersebut sebagai bagian dari keuntungan Anda jika berhasil menjualnya.

3. Bersahabatlah dengan banyak orang

Relasi sangat penting dalam bisnis. Salah satu tips cara sukses memulai bisnis properti adalah dengan membangun network seluas-luasnya. Anda dapat bersahabat dengan banyak orang melalui berbagai cara yang elegan. Salah satunya adalah ikut komunitas bisnis properti. Anda juga perlu aktif di dalam komunitas tersebut. Selain bergabung dalam komunitas, Anda juga dapat memulai bisnis properti dengan menjadi agen properti.

Baca: Cara Membuat Rencana Bisnis Sederhana yang Efektif

3. Selalu aktif dan update

Selain masuk ke dalam komunitas bisnis properti, Anda juga perlu aktif mengikuti setiap event yang bertemakan bisnis dan properti. Seperti misalnya event pameran properti dan properti launching. Bahkan Anda juga perlu mengikuti pelatihan atau bisnis tentang bisnis semacam ini, khususnya yang berhubungan dengan dunia properti. Hal ini sangat penting, karena dengan aktif menghadiri event-event tersebut, Anda juga bisa membangun network agar semakin luas dan tentu saja update tentang bisnis properti.

4. Manfaatkan teknologi sebagai media promosi

Meskipun promosi offline, baik lewat Koran, kenalan ataupun iklan di jalan masih cukup efektif, namun promosi lewat media online tetap dibutuhkan. Apalagi di era globalisasi seperti sekarang ini hampir semua orang mengakses internet dalam genggaman. Sehingga jelas promosi menggunakan media internet sangat efektif.

Selain mempromosikan bisnis properti Anda melalui sosial media dan situs jual beli properti online, Anda juga perlu membuat web atau blog. Tidak perlu harus yang per bayar, Anda dapat memanfaatkan fasilitas web gratis, seperti melalui blogspot.com.

Itulah beberapa tips cara memulai dan menjalankan bisnis properti untuk pemula. Satu hal yang paling penting adalah dalam setiap Anda menawarkan jasa properti, Anda perlu menulis dan mengikatnya di atas kertas. Hal ini bertujuan agar semua pihak akan paham dengan posisi masing-masing.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan kejelasan mengenai komisi atau fee yang akan Anda dapatkan sesuai dengan perjanjian. Pada saat memberikan informasi, embanlah sifat jujur, karena kejujuran merupakan pondasi dari segala hal, terutama dalam menjalankan bisnis properti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here