Menstruasi dan Mimpi Basah Tanda Pubertas

Pubertas merupakan hal yang pasti dialami oleh setiap manusia. Pubertas umumnya terjadi pada masa remaja. Hal ini sebagai tanda bahwa manusia telah mengalami perkembangan menunju kematangan fungsi alat-alat tubuh. Baik laki-laki maupun perempuan pasti akan mengalami pubertas. Namun tanda-tanda yang dialami akan berbeda. Salah satunya yaitu menstruasi dan mimpi basah sebagai tanda pubertas.

Meskipun hal ini tidak selalu menjadi tanda awal terjadinya pubertas namun peristiwa tersebut merupakan perubahan primer yang terjadi pada masa pubertas. Menstruasi hanya akan dialami oleh perempuan dan mimpi basah umumnya terjadi pada laki-laki. Tanda ini merupakan hal yang normal dan pasti terjadi. Namun bukan itu saja tanda-tanda pubertas yang dialami, masih banyak lagi tanda-tanda yang menjadi tanda awal mulainya pubertas seseorang.

Menstruasi dan Mimpi Basah sebagai Tanda Pubertas

1. Menstruasi

Menstruasi adalah keluarnya darah dari alat kelamin perempuan yang disebabkan oleh meluruhnya sel telur yang tidak dibuahi oleh sperma bersama dinding rahim. Menstruasi merupakan siklus bulanan yang akan terus terjadi jika tidak ada pembuahan. Menstruasi umumnya akan terjadi selama 3 – 8 hari dengan siklus 28 hari. Namun, siklus menstruasi setiap perempuan berbeda. Ada yang mengalami siklus pendek dan siklus panjang. Meskipun menstruasi merupakan hal yang wajar terjadi, jika durasi menstruasi terjadi lebih dari 15 hari bisa jadi darah yang keluar tersebut merupakan penyakit. Seiring bertambahnya usia, menstruasi juga akan berhenti dengan sendirinya dan merupakan proses alami yang terjadi akibat semakin berkurangnya produksi hormon pada indung telur. Hal ini disebut dengan menopause.

2. Mimpi Basah

Berbeda dengan menstruasi, mimpi basah merupakan salah satu tanda pubertas yang dialami oleh laki-laki. Mimpi basah adalah keluarnya cairan semen atau air mani pada laki-laki pada saat tertidur. Hal ini terjadi secara tidak sengaja dan merupakan proses alami menuju kedewasaan laki-laki. Ketika seseorang telah mengalami mimpi basah artinya organ reproduksinya telah berfungsi.

Menstruasi dan mimpi basah merupakan kejadian alami yang akan terjadi pada masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa sebagai proses perkembangan kematangan fungsi organ reproduksi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here