Penangkaran Hewan di Indonesia

sumber: google foto

Indonesia memiliki beragam spesies flora dan fauna yang dapat hidup dan berkembangbiak secara alami di hutan-hutan Indonesia. Persebaran flora dan fauna di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor iklim, tanah, ketinggian suatu wilayah, serta faktor biologis. Keragaman flora dan fauna memiliki fungsi dan peran masing-masing di alam serta dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk berbagai kebutuhan. Namun, akibat aktivitas manusia yang tidak menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan menyebabkan banyak spesies yang populasinya berkurang. Oleh karena itu, perlu dilakukan penangkaran tumbuhan dan penangkaran hewan di Indonesia agar tidak terjadi kepunahan.

Penangkaran dilakukan sebagai upaya perlindungan dan pelestarian hewan maupun tumbuhan yang dilakukan di luar habitat aslinya. Penangkaran sebagai proses perbanyakan hewan maupun tumbuhan dilakukan dengan campur tangan manusia dalam perkembangbiakannya serta tetap mempertahankan kemurnian jenisnya. Di Indonesia terdapat beberapa hewan yang dilakukan penangkaran seperti, penangkaran buaya, penyu, gajah, badak, dan komodo.

Contoh Penangkaran Hewan di Indonesia

Taman Buaya Asam Kumbang

Salah satu penangkaran buaya di Indonesia adalah Taman Buaya Asam Kumbang. Terletak di kota Medan, Sumatera Utara. Terdapat buaya dalam berbagai jenis, umur, dan ukuran di penangkaran tersebut. Taman buaya ini juga merupakan taman buaya terbesar di Indonesia karena dengan luas sekitar 2 hektar terdapat ribuan jumlah buaya.

Penangkaran Penyu Pangumbahan

Penangkaran penyu Pangumbahan merupakan salah satu penangkaran penyu hijau yang terletak di Sukabumi, Jawa Barat. Ribuan penyu dari Pantai Pangumbahan di karantina dan di lakukan perkembangbiakan di penangkaran tersebut kemudian di lepaskan kembali ke laut.

Taman Nasional Way Kambas

Penangkaran gajah sumatera yang terancam punah salah satunya dilakukan di Taman Nasional Way Kambas yang terletak di Provinsi Lampung. Kawasan ini merupakan pusat konservasi gajah dengan sebagian besar wilayah masih berupa hutan rimba.

Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di Provinsi Banten. Kawasan tersebut merupakan habitat badak bercula satu yang keberadaannya terancam punah sehingga juga dilakuan upaya perlindungan dan pelestariannya.

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan habitat asli komodo serta digunakan sebagai tempat perlindungan komodo yang terancam punah. Terdapat ribuan komodo di kawasan tersebut dengan ekosistem yang masih alami dan merupakan kawasan yang dilindungi oleh pemerintah.

Berbagai penangkaran hewan di Indonesia dilakukan untuk menjaga keberlangsungan hidup spesies hewan yang terancam punah dengan melakukan perkembangbiakan, pembesaran, serta pemeliharaan tanpa menghilangkan kemurnian jenisnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here