Pengaruh Gaya Terhadap Benda dan Contohnya

Hampir setiap kegiatan manusia yang dilakukan sehari-hari dipengaruhi oleh gaya. Untuk dapat melakukan gaya juga diperlukan adanya energi. Makin besar gaya yang dilakukan, semakin besar pula energi yang dibutuhkan. Gaya yang disertai energi tersebut menimbulkan berbagai perubahan pada benda sebagai pengaruh gaya terhadap benda-benda disekitarnya.

Gaya adalah suatu bentuk tarikan dan dorongan yang mempengaruhi perubahan suatu benda. Gaya dapat berpengaruh terhadap bentuk benda, gerak benda, dan arah gerak benda. Gaya tidak dapat terlihat, namun pengaruhnya dapat dirasakan. Ketika berjalan juga dipengaruhi oleh gaya yaitu gaya otot yang menyebabkan tubuh terdorong ke depan dan berpindah tempat. Beberapa contoh bentuk gaya dibahas pada halaman yang berbeda, Anda dapat mengunjunginya melalui di sini.

Pengaruh Gaya Terhadap Benda

Benda dapat berubah bentuk, gerak, dan kecepatan geraknya menjadi lebih lambat atau lebih cepat karena dipengaruhi oleh gaya yang diberikan. Sehingga pemanfaatan gaya pada benda dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Beberapa pengaruh gaya terhadap benda, yaitu :

1. Gaya dapat mengubah bentuk benda

Benda dapat berubah bentuk karena adanya gaya berupa tekanan pada benda tersebut. Perubahan bentuk benda tergantung pada besar kecilnya gaya yang diberikan. Contohnya, pembuatan gerabah dari tanah liat. Tanah liat yang bersifat lunak dapat diubah bentuknya menjadi berbagai benda seperti guci, pot bunga, dan asbak. Perubahan bentuk pada tanah liat terjadi karena adanya gaya.

Baca: Kumpulan Soal Pengaruh Gaya terhadap Benda

2. Gaya dapat mempengaruhi gerak benda

Benda dapat bergerak serta berpindah tempat karena adanya gaya. Selain itu, gaya dapat menghentikan gerak benda. Kecepatan gerak benda juga dapat berubah karena dipengaruhi oleh gaya. Beberapa pengaruh gaya terhadap gerak benda, antara lain:

a. Gaya membuat benda diam menjadi bergerak

Benda diam dapat digerakkan dengan adanya gaya. Untuk menggerakkan benda diam membutuhkan besar gaya yang cukup. Jika gaya yang diberikan tidak cukup, benda akan tetap diam dan tidak bergerak. Contohnya, mendorong meja. Ketika mendorong meja dibutuhkan suatu gaya agar meja tersebut dapat berpindah tempat yaitu gaya dorong.

b. Gaya membuat benda bergerak menjadi diam

Gaya juga dapat menghentikan benda yang bergerak. Contohnya yaitu pada sepeda yang sedang melaju kemudian di rem maka sepeda akan berhenti. Hal tersebut terjadi karena adanya gaya gesek yang menimbulkan gesekan antara permukaan ban dengan jalan.

c. Gaya mempercepat gerak benda

Benda juga dapat bergerak menjadi lebih cepat jika diberi gaya. Misalnya, bola yang bergerak pelan jika ditendang akan bergerak lebih cepat karena adanya gaya otot.

d. Gaya memperlambat gerak benda

Benda yang bergerak cepat juga dapat di perlambat dengan menggunakan gaya. Misalnya, penggunaan rem pada mobil untuk memperlambat laju mobil tersebut karena adanya gaya gesek.

3. Gaya dapat mengubah arah gerak benda

Selain mengubah bentuk benda dan gerak benda, gaya juga dapat mengubah arah gerak pada suatu benda. Contoh gaya dapat mengubah arah gerak benda yaitu, pada permainan jungkat-jungkit. Pada permainan tersebut terdapat gaya dorongan yang menimbulkan jungkat-jungkit bergerak naik turun.

Gaya sangat berpengaruh terhadap kegiatan manusia karena setiap aktivitas yang dilakukan selalu dipengaruhi oleh gaya. Adanya pergerakan dan perubahan bentuk benda juga dipengaruhi oleh gaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here