10 Bahan Pengusir Tikus yang Aman Bagi Kesehatan

pengusir tikus yang aman bagi kesehatan manusia

Hewan tikus seringkali datang ke rumah. Keberadaannya sangat mengganggu karena memakan makanan yang ada di rumah. Selain itu, tikus termasuk hewan kotor yang bisa mendatangkan berbagai penyakit. Banyak orang pusing mencari cara untuk mengusir tikus. Tak jarang mereka menggunakan jasa pembasmi tikus karena sering mengalami kegagalan ketika pengusir tikus dilakukan sendiri.

Sebaiknya, hindari menggunakan bahan kimia dalam mengusir tikus karena itu tak baik bagi kesehatan. Tikus yang mati di dalam rumah karena makan racun tikus dapat menyebabkan bau bangkai dan mendatangkan kuman. Tenang, ternyata ada bahan pengusir tikus yang bisa digunakan dengan mudah. Apa sajakah itu?

Pengusir Tikus Yang Aman Bagi Kesehatan Manusia

1. Kapur barus

Kapur barus sangat mudah didapatkan. Anda bisa menggunakan kapur barus untuk mengusir tikus. Tikus tidak suka bau wangi kapur barus. Oleh sebab itu, taruhlah kapur barus di tempat-tempat yang sering dilalui oleh tikus. Hewan pengerat ini akan merasa terganggu sehingga enggan datang ke rumah Anda lagi. Trik mengusir tikus dengan kapur barus ini terbukti efektif sehingga banyak orang yang melakukannya.

2. Daun mint

Daun mint bisa mengusir tikus dengan aman tanpa mengganggu kesehatan. Tikus sangat benci dengan aroma daun mint yang tajam. Jika mencium aroma tanaman ini, tikus akan lemas dan mabuk.

Untuk mengusir tikus dengan daun mint yaitu siapkan satu ikat daun mint. Lalu, larutkan dalam air. Gunakan air tersebut untuk menyemprot area rumah yang sering dilewati oleh tikus. Lihat hasilnya, tikus akan pergi dengan sendirinya.

3. Kulit durian

Buah durian merupakan buah yang memiliki aroma khas yang menyengat. Ternyata, kulitnya bisa digunakan untuk mengusir tikus. Caranya sangat mudah. Potong kulit durian menjadi beberapa bagian. Lalu, tempatkan pada daerah yang sering dilewati tikus. Cara ini dapat mengusir tikus di rumah Anda dengan ampuh.

Baca: 6 Jenis Tanaman Pengusir Nyamuk Yang Aman Bagi Kesehatan

4. Memelihara kucing

Kucing adalah musuh tikus. Hewan kucing dapat mencium keberadaan tikus yang ada di rumah meski sudah bersembunyi di tempat yang aman. Tikus akan ketakutan jika ada kucing di rumah Anda. Kalau Anda memelihara kucing, secara otomatis tikus akan kabur dari rumah Anda karena takut dimangsa oleh kucing kesayangan Anda.

5. Memelihara jangkrik

Hewan jangkrik juga bisa digunakan untuk mengusir tikus.  Suara jangkrik yang ramai dan bising membuat tikus terganggu. Bahkan, suara jangkrik bisa mengganggu pendengaran tikus. Nah, taruh saja beberapa ekor jangkrik pada daerah yang sering dilewati oleh tikus. Dengan adanya jangkrik tersebut, tikus tidak akan betah berada di rumah Anda. Cara alami ini sangat mudah dilakukan bukan?

6. Baking soda

Baking soda bisa digunakan sebagai bahan alami pengusir tikus. Cara menggunakan baking soda yaitu campurkan pada makanan yang disukai oleh tikus. Usahakan makanan tersebut dimakan oleh tikus. Efeknya ialah tubuh tikus akan menggembung karena tak dapat mengeluarkan gas akibat soda.  Alhasil, tikus akan mati seketika sehingga Anda bisa menemukan bangkainya di daerah di mana Anda meletakkan makanan tersebut.

7. Campuran saus cabai ,detergen dan air

Anda bisa membuat campuran yang terdiri dari air, saus cabai dan deterjen. Lalu, masukkan campuran tersebut pada botol. Lalu, semprotkan jika tikus muncul. Tikus akan merasa kepanasan ketika kena cairan tersebut kemudian lari meninggalkan rumah Anda.

8. Bawang putih

Bawang putih bisa dijadikan bahan pengusir tikus karena memiliki aroma khas. Caranya sangat mudah. Iris bawang putih, lalu tempatkan irisan tersebut pada daerah yang sering didatangi tikus. Dijamin tikus tidak akan betah berada di rumah Anda.

9. Lada bubuk

Lada bubuk bisa dijadikan sebagai bahan pengusir tikus alami. Taruh saja sedikit lada bubuk pada persembunyian tikus. Tikus akan terganggu akibat bau dari senyawa piperin yang ada pada lada hitam.

10. Bedak bayi

Bedak bayi juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Caranya sangat sederhana. Taburkan bedak bayi pada tempat yang sering dilalui tikus. Efeknya memang tidak langsung membuat tikus pergi. Akan tetapi, jika cara ini dilakukan secara rutin dan terus menerus, maka tikus akan jera dan kabur dari rumah Anda.

Kalau ada cara mudah, alami dan aman untuk mengusir tikus, kenapa harus memilih menggunakan bahan kimia bukan? Anda bisa mempraktekkannya di rumah dengan simpel.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here