Penyerbukan pada Tumbuhan: Sendiri, Tetangga, Silang, Bastar

penyerbukan pada tanaman/tumbuhan

Proses penyerbukan pada tumbuhan merupakan langkah awal dalam perkembangbiakan tumbuhan secara generatif. Penyerbukan adalah peristiwa jatuhnya serbuk sari di kepala putik yang selanjutnya akan terjadi pembuahan pada bunga. Dalam beberapa literasi, penyerbukan disebut juga dengan persarian.

Dalam proses penyerbukan tidak selalu berhasil terjadi pembuahan. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan pada penyerbukan. Diantaranya yaitu bila waktu masaknya putik dan serbuk sari tidak bersamaan, alat kelamin jantan dan betina pada satu spesies terpisah, panjang antara tangkai benang sari dan tangkai putik berbeda jauh dan bila bentuk bunga tidak memungkinkan serbuk sari jatuh ke kepala putik.

Macam-Macam Penyerbukan pada Tumbuhan

Proses penyerbukan pada tumbuhan berdasarkan perantaranya dapat dilakukan dengan bantuan hewan, angin, air, dan manusia. Sedangkan berdasarkan asal serbuk sarinya, terdapat 4 macam penyerbukan yaitu penyerbukan sendiri, penyerbukan tetangga, penyerbukan silang, dan penyerbukan bastar.

Penyerbukan Sendiri

Penyerbukan sendiri adalah penyerbukan yang terjadi apabila serbuk sari jatuh di kepala putik bunga itu sendiri. Penyerbukan jenis ini umumnya hanya menghasilkan satu keturunan yang sama. Tumbuhan yang dapat melakukan penyerbukan sendiri yaitu tumbuhan yang memiliki bunga sempurna seperti bunga turi dan bunga sepatu.

Penyerbukan Tetangga

penyerbukan pada tumbuhan (penyerbukan tetangga)

Penyerbukan tetangga adalah penyerbukan yang terjadi apabila serbuk sari jatuh di kepala putik bunga lain dalam satu tumbuhan. Penyerbukan ini terjadi karena dalam satu bunga hanya terdapat satu bunga yaitu bunga jantan atau bunga betina saja. Tumbuhan yang melakukan penyerbukan tetangga yaitu tumbuhan jagung, kelapa, dan kelapa sawit.

Penyerbukan Silang

Penyerbukan silang adalah penyerbukan yang terjadi apabila serbuk sarinya berasal dari bunga lain pada tanaman lain yang jenisnya sama. Penyerbukan ini umumnya dapat menghasilkan variasi keturunan. Semua tumbuhan bisa melakukan penyerbukan silang dengan bantuan manusia.

Penyerbukan Bastar

Penyerbukan bastar adalah penyerbukan yang terjadi apabila serbuk sari jatuh di kepala putik tumbuhan yang berbeda dengan jenis tumbuhan yang berbeda pula tetapi masih dalam satu varietas. Contoh penyerbukan bastar misalnya serbuk sari jambu batu merah jatuh di kepala putik jambu batu putih.

Proses penyerbukan pada tumbuhan dalam perkembangbiakan secara generatif berbeda-beda tergantung ciri khusus pada tiap spesiesnya. Melalui proses penyerbukan akan menghasilkan pembuahan yang dapat memperbanyak jumlah varietas tanaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here