Perbedaan Selat, Laut, dan Samudra

perbedaan selat, laut, dan samudra

Bumi merupakan salah satu planet dalam tata surya yang menjadi tempat tinggal bagi manusia, tumbuhan, dan hewan. Selain itu, bumi juga memiliki kekayaan alam yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Wilayah permukaan bumi terdiri dari wilayah perairan dan daratan. Wilayah perairan di bumi lebih luas dari wilayah daratan. Wilayah perairan tersebut dibedakan menjadi beberapa macam antara lain, selat, laut, dan samudra. Perbedaan selat laut dan samudra dapat dilihat dari beberapa faktor.

Perbedaan Selat, Laut, dan Samudra

Meski sama-sama berupa perairan yang umumnya berwarna biru, namun terdapat beberapa perbedaan antara selat, laut dan samudra yang dapat dilihat dari luasnya, kedalamannya, serta letaknya.

Selat

Selat adalah perairan yang relatif sempit yang menghubungkan dua bagian perairan yang lebih besar serta sebagai penghubung antara dua daratan atau lebih yang saling berdekatan. Selat memiliki manfaat dan peranan penting bagi kehidupan sebagai jalur transportasi laut, sumber perikanan, dan pusat perekonomian masyarakat.

Contoh nama selat yang ada di Indonesia:

  1. Selat Sunda, terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Sumatra.
  2. Selat Bali, terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Bali.
  3. Selat Karimata, terletak di antara Pulau Sumatra dan Pulau Kalimantan.
  4. Selat Madura, terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Madura.
  5. Selat Sumba, terletak di antara Pulau Flores dan Pulau Sumba.

Laut

Laut adalah perairan luas di permukaan bumi yang memisahkan antar pulau dengan luas kurang dari 3 juta kilometer persegi. Laut tersusun atas campuran 96,5% air murni dan 3,5% kandungan garam, gas-gas terlarut, serta bahan organik dan partikel-partikel tak terlarut.

Contoh nama laut di Indonesia:

  1. Laut Arafuru, terletak di antara Benua Australia dan Pulau Papua.
  2. Laut Flores, terletak di antara Pulau Sulawesi dan Kepulauan Nusa Tenggara.
  3. Laut Jawa, terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan.
  4. Laut Seram, terletak di sebelah utara Pulau Seram (Maluku) dan di sebelah barat Pulau Papua.
  5. Laut Banda, terletak di Kepulauan Maluku bagian selatan.

Samudra

Samudra adalah perairan luas yang mencapai ratusan juta kilometer serta lebih dalam daripada laut. Selain itu, samudra terbentuk dari gabungan beberapa laut dan memisahkan dua daratan berupa benua.

Nama-nama samudra di dunia:

  1. Samudra Hindia,
  2. Samudra Pasifik
  3. Samudra Atlantik
  4. Samudra Arktik
  5. Samudra Antartika

Selat, laut, dan samudra memiliki ciri-ciri yang berbeda serta dapat dibedakan berdasarkan segi luasnya, kedalamannya, serta dilihat dari letaknya. Selat merupakan perairan yang lebih sempit daripada laut dan samudra. Sedangkan samudra merupakan perairan yang paling dalam dan luas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here