Perbedaan antara Sungai dan Danau

Perbedaan sungai dan danau

Kenampakan alam atau bentang alam yang terdapat di muka bumi ini terdiri dari kenampakan alam daratan dan kenampakan alam perairan. Kenampakan alam daratan berupa dataran tinggi, dataran rendah, gunung dan pegunungan. Sedangkan kenampakan alam perairan, antara lain sungai, danau, pantai, rawa, selat, laut, dan samudra. Masing-masing jenis kenampakan alam memiliki ciri-ciri dan manfaat tersendiri. Salah satunya yaitu sungai dan danau. Meskipun keduanya termasuk dalam kenampakan alam perairan, namun terdapat beberapa perbedaan antara sungai dan danau.

Pengertian Sungai dan Danau

1. Sungai

Sungai merupakan aliran air alami yang besar dan memanjang yang mengalir secara terus menerus dari hulu menuju hilir. Sungai mengalir secara alami dari dataran tinggi ke dataran yang lebih rendah yaitu menuju ke arah laut atau sungai yang lebih besar. Sumber air sungai berasal dari air hujan, salju yang mencair, atau sumber mata air di bawah tanah.

Sungai terdiri dari tiga bagian yaitu bagian hulu, bagian tengah, dan bagian hilir. Sungai dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik tenaga air, kegiatan pertanian, perikanan, serta kebutuhan rumah tangga.

Baca: Siklus Air yang Menjadi Sumber Sungai dan Danau

2. Danau

Danau merupakan genangan air yang luas dan dikelilingi daratan. Danau dapat diartikan sebagai suatu cekungan pada tanah yang diisi oleh air. Sehingga air danau tidak mengalir menuju badan air lainnya. Air danau biasanya berupa air tawar dan mengalami pergerakan yang lambat.

Danau dapat berupa danau alami dan danau buatan manusia. Danau alami terbentuk akibat fenomena alam seperti aktivitas gunung merapi dan pergerakan tektonik, sedangkan danau buatan manusia dibuat oleh manusia untuk kepentingan tertentu, seperti kebutuhan industri, pertanian, perikanan, pembangkit listrik tenaga air, serta tujuan rekreasi atau hiburan.

Perbedaan antara Sungai dan Danau

Dari penjelasan di atas terdapat beberapa perbedaan sungai dan danau, antara lain:

  1. Sungai adalah badan air yang mengalir, sedangkan danau merupakan suatu genangan air yang tidak mengalir.
  2. Sungai terhubung dengan badan air yang lebih besar, sedangkan danau tidak terhubung dengan badan air lainnya.
  3. Sungai terbentuk secara alami, sedangkan danau dapat terbentuk secara alami dan buatan.

Sungai dan danau merupakan suatu perairan yang memiliki beberapa perbedaan yang dapat diketahui berdasarkan aliran air, hubungan dengan badan air lainnya, serta proses terbentuknya.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here