9 Perkembangan Yang Dialami Bayi 1 Bulan

bayi 1 bulan

Mengikuti tumbuh kembang bayi setelah terlahir ke dunia merupakan hal yang menyenangkan dan dimulai dari usia bayi 1 bulan. Anda sebagai orang tua baru pastinya akan merasa sangat antusias dalam mengamati tumbuh kembang dan tingkah lucunya. Selain itu Anda pasti ingin tahu apa saja yang sudah bisa dilakukan si kecil saat berusia 1 bulan. Tak lupa Anda pasti juga ingin ikut serta berperan dalam memberikan stimulasi pada setiap tahapannya agar hasilnya optimal.

Perkembangan Bayi 1 Bulan

1. Mengeksplorasi tubuh

Di usia bayi 1 bulan, dia mulai mengeksplorasi bagian tubuhnya yaitu kaki dan tangan. Anda dapat membantunya untuk mengeksplorasi tangannya dengan mengangkatnya dan menempelkannya ke wajah agar bisa dirasakan dan dilihat. Agar lebih aman, jangan lupa memakaikan sarung kaki dan tangan agar si kecil tetap hangat dan terlindungi.

2. Mulai mengoceh

Tidak ada kata terlalu awal untuk mengajak anak berkomunikasi walaupun masih dalam usia 1 bulan. Ajaklah anak untuk mengobrol dan berikan senyuman agar dia terstimulasi dan memberikan balasan dengan suara ocehan dan juga senyumannya.

3. Mulai mengangkat kepala

Di usia 1 bulan, bayi sudah mulai bisa mengangkat kepalanya saat dalam posisi ditengkurapkan walaupun belum dalam jangka waktu yang lama. Selain itu bayi juga sudah mulai bisa menoleh ke kiri dan ke kanan.

4. Waktu tidur malam lebih lama

Seperti yang kita tahu, kegiatan bayi yang masih kecil didominasi dengan tidur. Di usia 1 bulan ini bayi akan lebih lama tidur di malam hari yaitu berkisar 4 hingga 6 jam. Hal ini akan berlangsung dari umur 6 minggu hingga 6 bulan. Tapi tak jarang juga banyak bayi yang mengajak orangtuanya begadang di malam hari.

5. Ekspresi wajah

Di usia 1 bulan, bayi sudah mulai bisa berekspresi dengan berbagai mimik yang lucu dan menggemaskan. Dia sudah bisa mengangkat alis, mengerucutkan bibir, mengerutkan bibir atau menyipitkan dan melebarkan mata.

Baca: Permainan Anak Laki-laki yang Mengasah Motorik

6. Belajar menggenggam

Si kecil sudah mulai bisa menggenggam sesuatu yang ada di tangannya seperti halnya saat kita meletakkan jari kita di tangannya dan digenggam. Genggaman ini merupakan gerakan yang reflek dilakukan karena si kecil mungkin belum bisa meraih benda yang diinginkan.

7. Mengikuti objek dengan matanya

Si kecil sudah mulai bisa memaksimalkan kinerja matanya dengan mengikuti gerakan objek yang menarik perhatiannya. Jadi untuk merangsangnya, Anda bisa menggunakan mainan dengan warna cerah untuk menstimulasi indra penglihatannya.

8. Mengenali berbagai suara

Bayi usia 1 bulan sudah mulai bisa mengenali suara. Maka ajaklah dia untuk mendengarkan sesuatu yang dapat merangsang perkembangan otaknya seperti bunyi musik klasik, suara mengaji dan lain sebagainya. Dia mulai bisa membedakan bunyi yang satu dengan yang lain. Perhatikanlah reaksi si kecil saat mendengar bunyi krincingan mainan, mainan yang dipencet dan lain sebagainya.

9. Merasakan rasa kasih sayang dan nyaman

Walaupun masih kecil, bayi 1 bulan sudah bisa merasakan kenyamanan dan kasih sayang. Dia akan merasa aman saat bersama dengan orang yang berlaku lembut dan halus padanya. Jadi, perlakukanlah bayi Anda dengan penuh kasih sayang.

Ternyata walaupun masih tergolong kecil, bayi 1 bulan sudah bisa diajak berkomunikasi walaupun masih dalam tahap yang sederhana. Teruslah menstimulasi si kecil dengan berbagai macam hal agar terbangun komunikasi, rasa kasih sayang dan dia akan tumbuh menjadi pribadi yang baik di masa depan. Jangan sampai Anda melewatkan golden moment buah hati Anda tanpa memberikan hal yang terbaik bagi tumbuh kembangnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here