Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan

Proses Perkawinan secara Generatif pada Tumbuhan

Proses perkembangbiakan tumbuhan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu generatif dan vegetatif. Proses perkembangbiakan generatif pada tumbuhan terjadi melalui proses penyerbukan dilanjutkan dengan pembuahan. Sedangkan perkembangbiakan secara vegetatif dapat terjadi melalui vegetatif alami (spora, tunas, akar tinggal, umbi batang, umbi lapis, umbi akar, tunas adventif, dan geragih) dan vegetatif buatan (mencangkok, setek, menyambung, okulasi, dan merunduk)

Perkembangbiakan Generatif yang terjadi Tumbuhan terjadi melalui peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina. Peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina ini terjadi pada bunga. Sehingga untuk dapat terjadi perkembangbiakan generatif ini tumbuhan harus memiliki bunga baik itu bunga sempurna maupun tidak sempurna. Bunga sempurna adalah bunga yang memiliki benang sari dan kepala putik. Sedangkan bunga tidak sempurna adalah bunga yang hanya memiliki salah satu dari benang sari atau kepala putik.

Proses Perkembangbiakan Generatif pada Tumbuhan

Perkembangbiakan generatif pada tumbuhan diawali dari tahap penyerbukan dan dilanjutkan dengan pembuahan.

Penyerbukan

Penyerbukan adalah jatuhnya serbuk sari di kepala putik bunga. Penyerbukan ini dapat terjadi melalui bantuan hewan, angin, air, maupun manusia. Serbuk sari pada proses penyerbukan dapat berasal dari satu bunga tersebut (penyerbukan sendiri), bunga lain dalam satu tumbuhan (penyerbukan tetangga), bunga lain yang masih satu jenis (penyerbukan silang) dan bunga lain yang berbeda tetapi masih satu varietas (penyerbukan bastar).

Pembuahan

Pembuahan merupakan proses bertemunya serbuk sari dengan sel telur. Pada proses pembuahan ini bunga akan menghasilkan calon tumbuhan baru. Biasanya calon tumbuhan baru ini berada dalam biji buah. Buah yang telah masak akan jatuh dari pohon atau terbawa makhluk hidup lain (hewan atau manusia) sedangkan bijinya akan dibuang. Biji yang memperoleh kondisi yang tepat akan tumbuh menjadi kecambah. Kecambah akan tumbuh menjadi tumbuhan muda dan berkembang menjadi tumbuhan dewasa.

Proses penyerbukan dilanjutkan dengan pembuahan ini akan terus berulang pada tumbuhan. Melalui perkembangbiakan generatif pada tumbuhan ini maka tumbuhan akan menjadi banyak dan terhindar dari kepunahan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here