Perkembangbiakan Seksual pada Hewan

Makhluk hidup akan melakukan perkembangbiakan untuk mendapatkan keturunan. Salah satunya yaitu hewan. Cara hewan berkembangbiak berbeda-beda tergantung jenis hewan tersebut. Ada dua cara perkembangbiakan yaitu perkembangbiakan seksual pada hewan dan perkembangbiakan secara aseksual.

Perkembangbiakan seksual pada hewan membutuhkan adanya alat reproduksi yaitu alat kelamin jantan dan alat kelamin betina. Kemudian akan terjadi peleburan antara sperma dan sel telur yang akan menghasilkan zigot kemudian tumbuh menjadi embrio. Umumnya perkembangbiakan secara seksual dilakukan oleh hewan yang bertulang belakang.

Cara Perkembangbiakan Seksual pada Hewan

Perkembangbiakan seksual pada hewan dapat dilakukan dengan tiga cara yaitu ovipar (bertelur), vivipar (melahirkan), dan ovovivipar (bertelur dan melahirkan).

Ovipar

Ovipar yaitu perkembangbiakan hewan dengan cara bertelur. Induk hewan akan mengerami telurnya hingga menetas. Hewan yang melakukan perkembangbiakan ovipar ditandai dengan :

  1. Tidak memiliki daun telinga
  2. Induk tidak menyusui anaknya
  3. Telur berada di luar tubuh induk
  4. Biasanya termasuk jenis hewan unggas

Hewan yang termasuk dalam perkembangbiakan ovipar yaitu ayam, bebek, katak, burung, dan cicak.

Vivipar

Vivipar yaitu cara perkembangbiakan hewan dengan cara melahirkan. Embrio tumbuh dan berkembang di dalam rahim induknya hingga siap di lahirkan. Ciri-ciri hewan yang berkembang biak dengan vivipar adalah :

  1. Merupakan hewan mamalia
  2. Memiliki daun telinga
  3. Dapat menyusui anaknya
  4. Bernafas menggunakan paru-paru

Hewan yang berkembang biak dengan vivipar yaitu sapi, kambing, kelinci, dan paus.

Ovovivipar

Ovovivipar yaitu proses perkembangbiakan yang dilakukan dengan cara bertelur dan melahirkan. Embrio tetap berada di dalam tubuh induk dengan dilindungi cangkang serta mendapatkan makanan dari dalam telur tersebut hingga menetas. Setelah menetas bayi hewan baru akan di keluarkan dari tubuh induknya. Hewan yang dapat berkembangbiak dengan ovovivipar mempunyai ciri sebagai berikut :

  1. Pembuahan terjadi di dalam tubuh induk
  2. Embrio mendapatkan makanan dari telur tetapi masih berada di dalam tubuh induk
  3. Tidak menyusui
  4. Berdarah dingin

Contoh hewan yang dapat melakukan ovovivipar adalah ikan hiu, kadal, bunglon.

Perkembangbiakan hewan secara seksual akan diawali dengan proses peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina hingga menghasilkan pembuahan.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here