Perubahan Wujud pada Benda Padat, Cair, dan Gas

Dalam melakukan kegiatan sehari-hari terdapat berbagai wujud benda yang digunakan. Terdapat benda-benda dengan berbagai bentuk serta bersifat keras, lunak, berat, ringan, dan lentur. Benda-benda tersebut dapat dikelompokkan menjadi tiga wujud atau zat, yaitu wujud padat, cair, dan gas. Semua zat tersebut dapat mengalami perubahan wujud pada benda yang dapat dimanfaatkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Perubahan wujud benda merupakan perubahan bentuk pada benda yang disebabkan oleh peristiwa pelepasan atau penyerapan kalor. Perubahan wujud dapat terjadi pada semua zat baik padat, cair, maupun gas. Wujud zat tersebut dapat mengalami perubahan sesuai dengan titik beku dan titik didih masing-masing zat. Perubahan wujud benda dapat terjadi secara permanen dan sementara.

Perubahan Wujud pada Benda

Beberapa peristiwa perubahan wujud dapat terjadi pada benda padat, cair, dan gas. Perubahan wujud tersebut antara lain, mencair (melebur), membeku, menguap, mengembun, menyublim, dan mengkristal.

Mencair (Melebur)

Mencair atau melebur adalah peristiwa perubahan wujud dari benda padat menjadi benda cair. Perubahan wujud mencair merupakan peristiwa penerimaan kalor ditandai dengan kenaikan suhu (panas). Contoh perubahan wujud mencair dalam kehidupan sehari-hari yaitu mentega yang dipanaskan serta es batu yang dikeluarkan dari freezer dan dibiarkan di ruang terbuka akan mencair.

Membeku

Membeku adalah perubahan wujud benda cair menjadi benda padat. Peristiwa membeku merupakan kebalikan dari mencair karena membeku termasuk peristiwa pelepasan kalor sehingga mengalami pendinginan. Contoh peristiwa membeku yaitu air (cair) yang dimasukkan ke dalam kulkas akan berubah menjadi es (padat) dan serbuk agar-agar yang dicampur air panas lama kelamaan akan membeku.

Menguap

Menguap adalah peristiwa perubahan wujud benda cair menjadi benda gas. Penguapan akan terjadi ketika ada kenaikan suhu yang tinggi sehingga menguap termasuk peristiwa penyerapan kalor. Contoh dari perubahan wujud menguap yaitu air yang dipanaskan hingga mendidih akan keluar uap air.

Mengembun

Mengembun adalah peristiwa perubahan wujud benda gas menjadi benda cair. Peristiwa mengembun kebalikan dari peristiwa menguap. Proses peristiwa mengembun terjadi ketika adanya pelepasan kalor. Contoh peristiwa mengembun yaitu adanya butiran air pada rerumputan saat pagi hari.

Menyublim

Menyublim adalah perubahan wujud pada benda padat menjadi gas karena adanya penyerapan kalor. Contoh peristiwa menyublim dalam kehidupan sehari-hari yaitu kamper yang diletakkan di udara bebas lama kelamaan akan mengecil dan habis.

Mengkristal

Mengkristal merupakan perubahan wujud benda kebalikan dari menyublim. Peristiwa mengkristal terjadi pada wujud gas yang berubah menjadi padat. Contoh perubahan wujud mengkristal yaitu terbentuknya butiran es salju dari uap air di awan.

Perubahan wujud pada benda terjadi karena adanya penerimaan atau pelepasan kalor yang menyebabkan perubahan suhu di lingkungan sekitar serta tergantung pada titik didih dan titik beku masing-masing zat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here